Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taksi “Online” Belum Usik Bisnis Sewa Mobil

Kompas.com - 18/02/2016, 09:26 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tangerang, KompasOtomotif – Maraknya aplikasi layanan dalam jaringan (daring) antara pemilik kendaraan pribadi dengan calon penyewa, belum meresahkan para pebisnis sewa mobil konvensional. Tren ini membuat para pengguna taksi reguler, punya alternatif transportasi lain, yakni "taksi online".

“Sampai sekarang sama sekali belum berasa dampaknya. Kalau dengan kita sebenarnya beda segmen, taksi regular yang akan terkena imbasnya, kalau kita sama sekali tidakm” kata Direktur Pemasaran Trac-Astra Rent a Car Hadi Winarto di Saphire Lounge, Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (17/2/2016).

Hadi melanjutkan, bisnis penyewaan mobil seperti yang dijalaninya ini lebih kepada memberikan pelayanan secara personal. Sedangkan, taksi online hanya sebatas menggunakan jasa dari suatu tempat ke tempat lain dengan waktu singkat.

“Kalau sewa mobil jelas lebih aman ketimbang naik taksi online. Sebab kita tidak tahu satu mobil dengan siapa dan mobil itu milik siapa. Kalau sewa mobil sudah jelas, kalaupun sampai ada apa-apa bisa melapor ke perusahaan,” ujar Hadi.

Ke depan, kata Hadi, belum bisa dipastikan juga taksi online bisa mempengaruhi bisnis penyewaan mobil. Ia baru bisa memprediksi ulang, kalau keberadaannya sudah lebih dari lima tahun.

“Sekarang ini ibaratnya masih seperti embrio, nanti setelah lima tahun baru kelihatan, apakah mereka sanggup atau tidak,” ucap Hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com