Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Jawa Jadi "Kue" Terbesar Trac

Kompas.com - 17/02/2016, 17:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tangerang, KompasOtomotif
– Trac-Astra Rent a Car, anak usaha PT Serasi Autoraya yang bergerak dibidang penyewaan kendaraan masih bergantung pada Pulau Jawa. Pulau terpadat di Indonesia ini masih menjadi penyumbang kue pasar terbesar bagi perusahaan dalam hal bisnis penyewaan mobil.

Chief Operating Officer Trac-Astra Rent a Car Rental Services Jacob Anthonius Margareta, menuturkan, dalam beberapa tahun terakhir pasar korporat alias fleet paling besar berada di Pulau Jawa. Sebelumnya, sempat di Kalimantan, tetapi karena pergerakan aktivitas ekonomi, bergeser ke Pulau Jawa.

“Pasarnya itu 55 persen hingga 60 persen. Sisanya itu berada di Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan,” ujar Jacob di Saphire Lounge, Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Rabu (17/2/2016).

Di luar Pulau Jawa, pasarnya benar-benar mengalami penurunan. Segala lini bisnis terutama sejak tahun lalu turun drastis, tetapi Trac tetap melayani konsumen setianya hingga ke pelosok.

“Sekarang kita memiliki 34 cabang, 35 servis poin, 80 outlet dan lebih dari 500 jaringan bengkel yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” ungkap Jacob.

Fokus di Konsumen Perorangan

Jacob menambahkan, mulai tahun ini Trac juga akan mulai fokus menggarap pasar perseorangan. Sebab, melihat data beberapa tahun terakhir, pasar seperti itu yang akan tumbuh.

“Saat ini kita coba menggarap di pasar individu. Pasar seperti ini akan terus tumbuh, maka dari itu kita akan coba fokus karena selama ini kita belum fokus menggarap pasar ini,” kata Jacob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com