Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Sopir Trac Bukan Sekedar Bisa Menyetir

Kompas.com - 17/02/2016, 18:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tangerang, KompasOtomotif
– PT Trac-Astra Rent a Car memiliki lebih dari 35.000 kendaraan. Jenisnya macam-macam, seperti SUV, MPV, mobil box, kendaraan 4x4, blind van, employee bus, school bus, big bus, dan sepeda motor serta lebih dari 9.500 pengemudi profesional.

Menurut Direktur Pemasaran Trac-Astra Rent a Car Hadi Winarto, seluruh sopir Trac tidak hanya sekedar bisa mengemudi, tetapi wajib memiliki pengetahuan tentang keselamatan dan keamanan mengemudi.

“Kita selalu melakukan pelatihan, terutama tentang safety driving, defensive driving. Karena itu yang harus dimiliki semua sopir kita,” kata Hadi menjawab pertanyaan KompasOtomotif  di acara kerjasama Trac dengan Angkasa Pura Solusi di Saphire Lounge, Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (17/2/2016).

Tak hanya itu, setiap sopir, lanjut Hadi harus memiliki kemampuan melayani konsumen dengan baik . Sebab selain memberikan kendaraan yang layak, konsumen juga berhak mendapatkan pelayanan maksimal.

“Kalau yang sekedar bisa nyetir banyak, tetapi kita tidak hanya itu, karena setiap tahunnya kita terus adakan pelatihan bagi seluruh sopir, sehingga kenapa orang mau menggunakan mobil dari Track, karena faktor keamanan dan  pelayanan sopirnya juga,” ujar Hadi.

Hadi melanjutkan, maksimal umur saat proses melamar menjadi sopir Trac adalah 35 tahun, tetapi masa kerjanya bisa sampai 55 tahun. Selama bekerja, setiap tahunnya semua sopir wajib mengikuti ujian kelayakan.

“Jadi kita uji lagi semuanya, apakah sopir tersebut masih layak atau tidak. Kita juga sampai mempelajari pola kerja masing-masing sopir, sehingga tidak hilang kendali dari kita,” ucap Hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com