Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Crossover Murah" Datsun Dipastikan Bukan LCGC

Kompas.com - 19/01/2016, 14:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Rencana Datsun Indonesia menghadirkan Go-Cross sebagai crossover ”mainan baru” mendekati realita. Di tengah ”tebak-tebakan” harga, kepastian datang dari Head of Datsun Indonesia Indirani Hadiwidjaja bahwa model ini tidak akan masuk di area "mobil murah"m julukan untuk low cost and green car (LCGC).

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Stephanus Ardianto, belum lama ini sudah memberikan isyarat bahwa crossover Datsun kemungkinan tak masuk LCGC, dan merek Datsun tidak harus selalu diidentikkan dengan mobil murah.

Artinya, batas atas ”angka psikologis” LCGC yang di kisaran Rp 120 juta sudah pasti terlampaui. ”Kecuali batas atas dari pemerintah dinaikkan, mungkin kami bisa mempertimbangkannya (Go-Cross masuk LCGC),” ucap Indri—sapaan Indriani—belum lama ini di Kalimantan.

Dalam undang-undang, mobil-mobil yang ingin berstatus LCGC dan dapat subsidi dari pemerintah punya batas acuan atas (base price) Rp 95 juta. Angka itu belum termasuk pajak, tambahan fitur seperti ABS, kantung udara, EBD, sampai transmisi otomatis.

Memang tidak ada batas harga on the road. Acuan saat ini adalah base price. Hanya ada angka psikologis atas berada di kisaran Rp 120-125 juta, agar orang masih menganggap mobil di kategori ini sebagai mobil murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com