Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Datsun ke Kalimantan Sempat Tersendat

Kompas.com - 14/01/2016, 11:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Samarinda, KompasOtomotif – Distribusi mobil murah Datsun di sejumlah daerah, khususnya Kalimantan, sempat tersendat belum lama ini. Konsumen harus menunggu di kisaran waktu satu bulanan sebelum mendapat mobil yang diinginkannya. Bukan karena produksi, namun hal tersebut akibat dari kendala pada proses pengiriman.

Saat KompasOtomotif berkunjung ke diler Nissan-Datsun Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (11/1/2016), terpampang tulisan cukup besar di depan bangunan bahwa stok Datsun sangat terbatas. Tulisan itu menurut salah satu pegawai sudah dipasang sejak akhir 2015 lalu, dan belum dilepas hingga saat ini.

”Sebenarnya tidak inden, kami bisa mengatur jadwal pemesanan. Kami hanya tersendat pada proses pengirimannya,” kilah Willy Prima, Kepala Cabang diler Nissan-Datsun Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur.

Dipaparkan Willy, waktu pengiriman normal adalah dua hari dari Jakarta. Cuma, masalahnya ekspedisi (jasa pengiriman) terdapat masalah. Kini, diler mengakalinya dengan penggunaan dua ekspedisi.

Permasalahan pengiriman ke Kalimantan Timur ini juga ditegaskan Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia, sempat menjadi kendala. Namun hal tersebut sudah bisa diatasi. ”Tidak ada masalah pada pasokan, ini hanya soal pengiriman. Karena pada dasarnya, produksi dilakukan berdasarkan pesanan,” kata Indri.

Saat ini, Datsun Indonesia sudah mempunyai 109 diler 3S yang tersebar di seluruh Indonesia. Sampai akhir tahun fiskal 2015, perusahaan berencana menambah empat lagi jaringan baru, hingga mencapai total 113 diler.

Di Kalimantan, penjualan ditopang oleh lima diler 3S, yakni di Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, dan Pontianak. Perpanjangan diler didukung oleh sembilan titip penjualan lain (sales point) di beberapa daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com