Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”The Grand Finale” MotoGP, Siapa yang Terbaik?

Kompas.com - 04/11/2015, 17:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Valencia, KompasOtomotif — Harus diakui, MotoGP musim 2015 jauh lebih seru ketimbang penyelenggaraan dua tahun belakangan. Tidak ada dominasi salah satu pebalap, semua saling jegal dan berpotensi menang. Setelah seri demi seri, hanya dua pebalap yang berpeluang meraih gelar, yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Terlepas dari semua kontroversi, ketegangan, dan saling tuding sejak ”Sepang Clash” yang melibatkan Rossi-Marquez, jauh lebih penting adalah seri terakhir di Valencia ini akan menjadi penentuan siapa yang digdaya.

Jika semua berjalan seperti saat ini, Lorenzo tentu lebih berpeluang menang karena Rossi harus start dari belakang meski sudah unggul tujuh poin. Tetapi, semua masih abu-abu. Apa pun bisa terjadi, kemungkinan demi kemungkinan masih mempunyai peluang. [Baca: Hitung-hitungan Peluang Rossi Juara Dunia]

Secara statistik, sepanjang perjalanan musim balap 2015, raihan Rossi dan Lorenzo tidak jauh beda. Dua-duanya sangat konsisten mengamankan poin. Jorge hanya sekali tidak finis, yakni di GP San Marino. Selebihnya, selalu dapat poin dan podium.

Dari jumlah kemenangan yang diraih, Lorenzo lebih banyak, yakni enam kali, yaitu di Jerez, Le Mans, Mugello, Catalunya, Brno, dan Aragon. Sementara Rossi sudah mengantongi empat kemenangan, masing-masing diperoleh di Losail, Termas de Rio Hondo, Assen, dan Silverstone.

Raihan pole position Lorenzo lebih banyak, yakni empat kali, dibandingkan Rossi yang hanya sekali meraih catatan waktu terbaik saat kualifikasi. Tetapi, kalau bicara konsistensi naik podium, Rossi sangat baik. Dari 17 balapan yang sudah dilakoni, Rossi naik podium 15 kali, sementara Lorenzo 11 kali.

Sangat menarik menanti duel terakhir di Valencia. Drama dipastikan kembali diputar, tak hanya Rossi versus Lorenzo, tetapi juga potensi Marquez dan Pedrosa dengan Honda yang akan memberi warna lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com