Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Sosok Konsep RX-9 Terbaru Mazda ?

Kompas.com - 18/10/2015, 12:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sydney, KompasOtomotif – Akhir September lalu, Mazda merilis foto penggoda yang menonjolkan atap melengkung milik model spesial untuk Tokyo Motor Show 2015 yang segera dibuka pada 28 Oktober mendatang. Mobil itu sempat bikin penasaran, tapi kemudian Motoring, Jumat (16/10/2015), membeberkan rendering  dari majalah Jepang yang memperlihatkan seluruh bodinya.

Saat merilis foto penggoda, Mazda menjelaskan, desainnya mengabungkan semua sejarah mobil sport Mazda dalam satu mobil. Kini, meski sudah kelihatan lengkap, justru penampakannya malah bikin bingung.

Motoring Bagian belakang sedikit mirip Mazda MX-5.
Modelnya belum bisa ditebak. Ada dua spekulasi yang beredar tentang sosok asli mobil ini. Pertama disebut sebagai versi atap keras dari MX-5, kedua, dikira generasi baru mobil sport dengan pengembangan mesin rotary baru, RX-9.

Dugaan lebih kuat mengarah ke RX-9 sebagai penerus RX-7 dan RX-8. Desain mobil itu dinilai lebih mirip dengan Cosmo Sport, model pertama Mazda dengan mesin rotary. Cosmo Sport debut pada 1967 dan hanya dibuat 1.519 unit.

Pernah diberitakan sebelumnya, Mazda mengonfirmasi generasi terbaru model RX akan lahir pada 2017 bertepatan dengan perayaan ulang tahun Cosmo Sport ke-50. Bisa jadi memunculkan model konsep tahun ini jadi persiapan untuk itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com