Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic Pecahkan Rekor Irit BBM

Kompas.com - 09/07/2015, 17:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

London, KompasOtomotif – Honda Eropa mengumumkan bahwa Civic Tourer tercatat sebagai pemegang rekor baru Guinness World Record sebagai kendaraan teririt. Penghargaan didapat setelah mobil mengelilingi 24 negara-negara yang tergabung dalam Uni eropa selama beberapa hari, menempuh jarak lebih dari 13.500 km.

Mobil dengan spesifikasi standar itu dikemudikan dua orang dari tim riset dan pengembangan Honda Eropa, Fergal McGrath dan Julian Warren. Mereka berdua berangkat dari Beligia pada 1 Juni silam, bergerak searah jarum jam dan kembali setelah 25 hari di tempat yang sama.

Hasilnya cukup menghebohkan, mereka mencatatkan konsumsi bahan bakar 35,5 kpl yang berarti sebuah rekor baru. Dalam katalog dan data teknis, Civic Tourer bermesin i-DTEC 4 silinder turbo 1.600 cc itu diklaim ”hanya” mampu mencapai 26,3 kpl. Artinya, hasil dari touring 24 negara lebih baik 25 persen.

”Ini pencapaian luar biasa dan kami bangga terhadap usaha tim yang akhirnya memecahkan rekor. Ini hasil luar biasa, terutama jika dilihat dari kacamata lain bahwa mobil ini bukanlah mobil kecil,” ujar Leon Brannan, Head of Cars for Honda UK dikutip ResponseJP, (8/7/2015).

Faktor pendukung McGrath dan Warren untuk irit tentu saja perilaku berkendara yang efisien. Termasuk di dalamnya berakselerasi dan mengerem secara lembut, mengantisipasi kondisi jalan di depan, dan membawa bekal secukupnya.

Perjalanan mereka pun tak seperti lomba irit kebanyakan, namun melaju normal karena ditarget menempuh jarak 600 km per hari atau mengemudi selama 7,5 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com