Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh Pelarangan Diler Ikut IIMS, Dyandra Pilih Diam

Kompas.com - 28/05/2015, 09:15 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Indikasi pelarangan para diler untuk ikut ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 mencuat ke permukaan. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menerima pengaduan tentang dugaan adanya pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, Rabu (27/5/2015).

Pelapor menyebutkan bahwa ada petinggi merek mobil yang melakukan pelarangan diler yang akan ikut IIMS 2015. Disebutkan secara gamblang bahwa mereka hanya akan ikut pameran yang terafiliasi dengan Gaikindo, lalu secara tersirat melarang diler untuk mengikuti pameran tertentu.

Mohammad Reza, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerjasama KPPU, mengatakan kepada sejumlah wartawan bahwa sifat aduan hanya sebatas konsultasi. Namun dirinya menegaskan, bukan tidak mungkin pelapor akan melengkapi berkas dan membuat laporan resmi untuk dilakukan investigasi.

Kubu Dyandra Promosindo selaku pihak penyelenggara IIMS 2015 memilih untuk tidak memberikan komentar mengenai kisruh ini. Dyandra sedang fokus dengan penyelengaraan IIMS agar bisa berjalan dengan maksimal.

"Kali ini saya belum bisa memberi komentar untuk sesuatu yang  belum saya pahami dengan utuh, siapa yang melarang dan apa yang dilanggar. Saat ini Dyandra sangat fokus, penuh semangat dan terus berusaha maksimal untuk menyukseskan  gelaran IIMS 2015," jelas Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo, saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (27/5/2015).

Hendra melanjutkan, IIMS tahun ini akan menggadang konsep 'The Essence of Motorshow'. Konsep itu menampilkan wahana lebih lengkap dan semarak untuk memuaskan para pengunjung, sehingga memberikan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com