Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosch Serius Garap Komponen Sepeda Motor

Kompas.com - 24/03/2015, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Yokohama, KompasOtomotif - Robert Bosch GmbH mengaku siap lebih serius menggarap industri komponen sepeda motor global. Produsen komponen otomotif asal Jerman ini melihat pasar kendaraan roda dua ini terus tumbuh dengan pesat, sehingga membuka satu unit bisnis baru, yakni kendaraan roda dua dan Powersports.

Tujuannya agar bisa memenuhi kebutuhan permintaan komponen produsen sepeda motor global menjadi lebih efektif. Bosch mengaku, juga ingin memperluas portofolio produk sekaligus memperkuat ragam sistem komponen sepeda motor.

“Teknologi Bosch yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan harus menjadi bagian dari mobil apapun, dan di masa yang akan datang, hal ini juga berlaku untuk sepeda motor," jelas Dirk Hoheisel, anggota dewan manajemen di Robert Bosch GmbH, dalam keterangan resminya, Senin (23/3/2015) petang.

Unit bisnis ini berkantor pusat di Yokohama, Jepang, jantung industri sepeda motor dunia, dengan bantuan cabang di Amerika Serikat, Eropa, India, dan Cina. Bosch mengaku akan mampu melayani kebutuhan komponen berbagai kebutuhan kendaraan dengan spesifikasi dan kebutuhan khusus, seperti Quads (kendaraan segala medan), Personal Watercraft (kendaraan medan air), dan Snowmobiles (kendaraan medan salju).

Bosch Berbagai komponen Bosch untuk moge, 1.000 cc ke atas.

Motor Kecil 

Bosch memprediksi total pasar sepeda motor dunia akan menyentuh 160 juta unit pada 2021 atau tumbuh sepertiga dari saat ini. Sekitar 90 persen dari jumlah itu, didominasi oleh sepeda motor bermesin kecil, 250 cc ke bawah di negara-negara berkembang, seperti China, India, dan Asia Tenggara.

“Porsi pasar yang relevan untuk Bosch, terkait sistem keamanan berkendara, teknologi sistem penggerak (powertrain technology), dan layar tampilan informasi, dan sistem infotainment, akan naik dua kali lipat dalam lima tahun mendatang,” kata Hoheisel.

Bosch juga sudah memiliki berbagai komponen untuk sepeda motor bermesin besar, 1.000 cc ke atas untuk memenuhi kebutuhan Eropa, Jepang, dan AS. Beberapa komponen ini, antara lain, ABS, Motorcycle Stability Control (MSC), sistem injeksi elektronik (electronically controlled injection systems), komponen powertrain elektrik, dan infrastruktur untuk konektivitas sepeda motor dengan ponsel pintar atau tablet, serta layanan cloud yang terkoneksi.

“Sistem kami mengaplikasikan keamanan, efisiensi, dan hiburan yang lebih baik lagi dalam mengendarai sepeda motor,” tutup Geoff Liersch, Kepala Kendaraan roda dua dan Powersports Bosch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com