Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosch Beberkan Empat Tahap Menuju Otonomos

Kompas.com - 16/01/2015, 17:49 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Produsen komponen terbesar di dunia, Robert Bosch GmbH membeberkan cetak biru menyangkut kesiapan teknologi otonomos. Perusahaan asal Jerman ini sudah menyiapkan beberapa komponen kunci untuk menopang teknologi otonomos untuk bisa dinikmati masyarakat.

Untuk tahap awal, Bosch siap melepas teknologi yang memungkinkan mobil bisa bergerak tanpa disupiri dan berpindah jalur dalam kecepatan tinggi di tol. Wolf-Henning Scheider, salah satu anggota direksi Bosch, dilansir Automotive News (14/1/2015), mengatakan perusahaan sudah memiliki kontrak produksi untuk memasok radar, kamera, unit pengatur, dan teknologi lainnya yang dibutuhkan otonomos mulai terealisasi pada 2017 dan 2018.

Scheider melanjutkan, Bosch melihat ada empat tahap utama yang harus dicapai sampai akhirnya teknologi otonomos bisa layak bagi masyarakat umum, yakni:

1. "Integrated highway assist". Pada 2017, semua kendaraan di jalan tol akan mampu memacu kendaraannya hingga 75 mph (120,7 kpj), tetap di satu jalur, sedangkan pengemudi tetap memperhatikan kondisi jalan di depan.

2. "Highway assist". Pada 2018, kendaraan sudah punya teknologi untuk berpindah jalur di jalan tol. Perpindahan jalur hanya dilakukan atas persetujuan pengemudi. Pengemudi tetap memperhatikan kondisi jalan di depan.

3. "Highway Pilot" . Pada 2020, kendaraan sudah bisa melakukan manuver sendiri di dalam jalan tol, sedangkan pengemudi melakukan hal lain, seperti membaca, ngobrol dengan penumpang, bekerja di laptop, dan lain sebagainya. Pengemudi tetap harus bersiap jika diminta mengambil alih kendali dalam waktu singkat. Jika pengemudi tidak bisa, mobil akan segera minggir dan berhenti.

4. "Auto Pilot". Sekitar 2025, kendaraan sudah memiliki teknologi otonomos. Bergerak sendiri dari satu titik ke titik lainnya tanpa ada keterlibatan pengemudi.

Mulai pasok

Bosch, lanjut Scheider, sudah mulai produksi beberpa komponen untuk memenuhi tahap pertama. Panduan jalan raya terintegrasi mulai 2017 dan 2018 pada salah satu produsen mobil yang tidak disebutkan namanya. Sedangkan teknologi dua tahap terakhir (higway pilot dan auto pilot) masih belum siap diproduksi.

Perusahaan mengaku sudah mulai memasok komponen sejenis, di mana kendaraan bisa melaju sendiri dalam kondisi macet dalam kecepatan rendah. Komponen ini juga mempertahankan mobil tetap di jalur yang sama.

Bocoran lain yang disampaikan Scheider adalah, kalau Bosch sudah bekerja sama dengan Google untuk menciptakan mobil otonomos dalam jumlahkecil. Bosch akan memasok kebutuhan motor listrik dan radar jarak jauh. Informasi lain yang disampaikan Scheider adalah kalau ia mengundurkan diri jadi eksekutif Bosch dan bergabung dengan Mahle Gmbh sebagai Komisaris mulai 1 Juli 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com