Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zero Motorcycles Gandeng Showa, Pirelli dan Bosch

Kompas.com - 02/02/2015, 16:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Santa Cruz, KompasOtomotif – Zero Motorcycles siap mendistribusikan model 2015 ke sejumlah negara. Merek asal Amerika Serikat yang memproduksi sepeda motor listrik itu membawa beberapa perubahan mendasar dan signifikan untuk menaikkan performa dan nilai jual.

Kerjasama dengan berbagai merek pemasok pun mulai dijalankan serius, seperti ikatan dengan Showa, Pirelli, Bosch, dan J. Juan. Semua model Zero seperti S, SR, DS, dan FX produksi 2015 mendapat tiga ubahan mendasar.

Pertama, semua line up sudah dilengkapi suspensi dari Showa. Meski suspensi lama yang bisa disetel tingkat keempukan dan daya pantulnya sudah teruji, namun diyakini suspensi baru akan menambah performa.

Kedua, semua model kini dilengkapi dengan sistem rem ABS dari Bosch dan komponen pengereman dari J. Juan, perusahaan asal Spanyol yang berpengalaman menghadirkan rem OEM. Terakhir, semua model juga akan dilengkapi dengan ban Pirelli.

Kapasitas baterai juga terdapat perubahan. Model S, SR, dan DS kini punya kapasitas baterai ZF9.4, ZF12.5, dan ZF12.5 + Power Tank. Angka-angka itu menunjukkan kapasitas baterai dengan satuan kWh. Semakin besar angka, semakin jauh jarak yang bisa ditempuh. Namun secara rata-rata baterai bisa digunakan lebih dari 200 km.

Menariknya, baterai lithium-ion yang digunakan sepeda motor ini bisa diisi ulang di rumah, mirip mengisi ulang baterai ponsel. Namun daya minimal yang dibutuhkan adalah 1.300 watt, diisi ulang selama 8 jam dari kosong sampai penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com