Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All-New Mazda MX-5 Mulai Dicetak Massal

Kompas.com - 06/03/2015, 15:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Hiroshima, KompasOtomotif – Mazda Motor Corporation (MMC) mengumumkan produksi pertama All-New MX-5 telah dimulai di Pabrik Ujina di Hiroshima, Jepang, Kamis (5/3/2015). Unit perdana Roadster ikonis Mazda ini ditujukan untuk pasar dalam negeri, ekspor ke pasar lain dimulai pada Juni.

MX-5 punya gelar mobil sport 2-penumpang terlaris di dunia dari Guinness World Record, saat ini jumlahnya telah mencapai 950.000 unit. MMC optimis tidak lama lagi, dengan konsep baru berteknologi Skyactiv, MX-5 bakal cepat mencapai produksi satu juta unit.

Generasi keempat yang juga disebut Miata di beberapa pasar ini punya banyak hal baru. Selain bermesin 4-silinder 2.0L Skyactiv-G bertenaga 155 tk dan torsi 200 Nm, MX-5 dirancang menggunakan bahasa desain KODO. Bobot total berkurang sampai 75 kg dibanding generasi sebelumnya.

Belum lama di Geneva Motor Show 2015, bos Fiat Chrysler Automobiles (FCA) Sergio Marchionne mengungkpkan “saudara kembar” MX-5 dari Italia akan bernama Fiat 124. Keputusan itu mengganti rencana sebelumnya model Alfa Romeo yang akan memakai platform MX-5.

Fiat 124 sebelumnya telah dipakai untuk model convertible Fiat yang dijual mulai 1966, namun kemudian diputuskan untuk pensiun pada 1982. Reinkarnasinya akan membawa kembali era tipe bodi “Spider” Italia. Fiat 124 terbaru diperkirakan lahir pada 2016 dan diproduksi di tempat yang sama dengan MX-5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com