Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda MX-5 Terbaru, Generasi Penerus Kejayaan

Kompas.com - 04/09/2014, 13:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Mazda Gambaran sistem penggerak Mazda MX-5.

Hiroshima, KompasOtomotif – Setelah memberi teaser dan menggandeng Duran-Duran, Mazda akhirnya membuka tabir MX-5 generasi keempat. Inilah ”bayi” baru yang benar-benar berbeda dari sebelumnya, dan langsung memikul beban sebagai penerus status roadster terlaris di dunia. Sejak meluncur 25 tahun lalu sampai Juli 2014, penjualan MX-5 melebihi 940.000 unit.

Dari siaran pers yang dirilis Kamis, (4/9/2014), proses peluncuran akan dilakukan simultan di Jepang, Amerika Serikat, dan Spanyol. Tidak dicantumkan detail, namun Mazda memberi gambaran bahwa mobil ini sudah menggunakan teknologi Skyactiv di semua lini.

Mazda Bagian belakang, pelat nomor di bawah bemper, pertama kali dalam sejarah MX-5.

Bahasa desain Kodo yang diterapkan di semua model baru Mazda juga hadir di sini. Tampak depan, lampunya menggunakan model almond dipadu gril yang membesar ke bawah. Ada kemiripan tarikan garis seperti Mazda3 dan Mazda6, terutama di atas roda dan alirannya hingga belakang.

Di belakang, lampu-lampu mengesankan kedinamisan. Pelat nomor diletakkan di bagian bawah, pertama kali dalam sejarah MX-5. Interior mirip Mazda2 terbaru, simpel dengan monitor yang menyembul dari dashboard.

Mazda Interior, mirip Mazda2.

Keasyikan berkendara didapat dari struktur yang semakin ringan, didukung teknologi Skyactiv yang memangkas semua bagian menjadi superefisien. Mazda mengklaim, generasi baru ini adalah yang paling compact ketimbang para pendahulunya, dengan bobot 100 kilogram lebih ringan.

Penjualan secara global Mazda MX-5 generasi keempat ini akan mulai dilakukan pada 2015 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com