Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abarth Garap Mazda MX-5 Jadi Model Performa Fiat

Kompas.com - 06/01/2015, 19:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Turin, KompasOtomotif - Kerja sama Fiat Chrysler dan Mazda terjalin sejak 2012 untuk memproduksi Alfa Romeo Spider menggunakan platform MX-5 kini berganti arah. Roadster Jepang yang baru saja diperkenalkan September 2014 lalu itu malah dipaku agar menciptakan model sport merek Fiat yang benar-benar baru.

Bos Alfa Romeo Harald Wester mengonfirmasi hal itu dalam wawancara bersama majalah otomotif Inggris Car akhir 2014 lalu. Pengembangan evolusi Spider akan diambil alih Giorgio, sebutan untuk proyek arsitektur mobil berpenggerak roda belakang dan semua roda milik Alfa.

“Sejauh Spider pergi, versi final bukan lagi dua penumpang kerja sama FCA (Fiat Chrysler Automobiles) dan Mazda, tapi variatif dari Giorgio,” ujar Wester.

Meski begitu kolaborasi Jepang dan Italia ini belum berakhir. Wester sedikit membocorkan model terbaru mengacu pada Abarth, divisi performa milik Fiat. Go Auto mengatakan kecurigaan sudah muncul sejak FCA memaparkan rencana kerja lima tahun mereka pada tahun lalu.

Saat itu dikatakan model “spesial” akan diluncurkan di Amerika Serikat (AS) pada 2015. Di AS Mazda MX-5 bakal meluncur awal 2015, versi Fiat kemungkinan besar segera menyusul setelahnya.

Di bawah kesepakatan seluruh mobil diproduksi di pabrik Mazda di Hiroshima, Jepang. Model Fiat menggunakan sistem penggerak dan desain yang berbeda dengan Mazda. Dengan begitu semua Alfa Romeo tetap diproduksi di Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com