Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Chrysler Memudar

Kompas.com - 22/12/2014, 16:34 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Autoblog

Detroit, KompasOtomotif - Nama Chrysler memudar di industri otomotif global. Produsen mobil berusia 89 tahun ini resmi diserap menjadi satu perusahaan baru, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) yang diumumkan musim semi tahun ini. Kini, nama FCA sudah resmi digunakan, divisi operasional lokal sudah berjalan, dan Chrysler Group sudah tidak lagi digunakan, melainkan menjadi FCA US LLC.

Dengan keputusan ini, maka semua dokumen perusahaan dan legalitas akan berubah dari nama Chrysler menjadi FCA. Meskipun, lokasi kantor pusat dan manajemen di belakang meja masih orang-orang lama.

Model mobil seperti Chrysler 200 masih akan dijual secara umum di pasar. Tapi, produsen Chrylser sudah tidak ada lagi. Mereka mau lebih dikenal sebagai FCA, produsen terbesar ketujuh di dunia ketimbang dua kerajaan Fiat-Chrysler.

Secara simbolis, Chrysler sudah tidak eksis lagi di Detroit. Meskipun, beberapa kali produsen AS ini pernah diakuisisi prinsipal lain, seperti Daimler dan Ceberus dalam dua dekade terakhir. Namun, retorika Chrysler sebagai bagian dari Trio Detroit, masih melekat di benak orang.

Sekarang, jelas kalau divisi bisnis di AS hanya bagian dari kerajaan industri FCA secara global. Dari satu sisi ini hal baik, tapi di sisi lain, cukup menyedihkan karena AS kehilangan salah satu merek kebangaannya.

Rasa serupa juga dirasakan Fiat di Turin, Italia. Kantor pusat mereka juga tidak akan mempertahankan nama Fiat di sana, juga menggunakan FCA. Dulu Fiat merupakan kepanjangan dari Società Anonima Fabbrica Italiana di Automobili Torino, berdiri sejak 1899, kini berubah menajdi FCA Italy SpA.

Dalam keterangan resminya, FCA menyatakan, langkah ini dilakukan untuk memastikan semua bagian grup perusahaan di seluruh dunia berada dalam satu payung organisasi. Penyeragaman nama ini merupakan salah satu strategi CEO Sergio Marchionne yang mau memposisikan FCA sebagai prinsipal otomotif global yang punya sejarah, bukan terpaku pada sejarahnya.

Langkah kontroversi rela diambil FCA supaya perusahaan bisa mengambil langkah lebih cepat di masa depan. Setidaknya, nama Fiat atau Chrysler tetap disebut dalam singkatan FCA, jadi tidak sepenuhnya musnah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Autoblog
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com