Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederhananya "Dealer" Mobil di Jepang

Kompas.com - 14/10/2014, 08:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Motegi, KompasOtomotif - Dalam perjalanan rombongan pemenang undian "Road to MotoGP 2014" dari Kinugawa Green Palace Hotel di Nikko, Jepang menuju Twin Ring di Motegi, Jepang, rombongan harus melalui perjalanan sekitar 1,5 jam. Sepanjang perjalanan kami melintasi mulai jalan kota sampai jalan desa.

Menariknya, di perjalanan kami kerap melintasi jaringan pemasaran dan layanan purna jual beberapa merek utama Jepang. Jika diperhatikan, ternyata dealer mobil yang ada di Jepang jauh lebih sederhana ketimbang di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan rata-rata dealer agen tunggal pemegang merek (ATPM) berstandar layanan penjualan, servis, dan suku cadang (3S) di Ibukota, paling kentara terlihat kasat mata adalah luas bangunan yang lebih kecil. Gedung yang digunakan juga relatif sederhana tanpa tingkat.

Agung Kurniawan Bangunan hanya satu lantai.

Berbeda dengan rata-rata dealer di Jakarta yang tingkat dengan halaman luas dan berbagai fasilitas pemanja calon dan konsumennya. Pada bagian depan dealer di Jepang, terlihat beberapa mobil dipamerkan di halaman luar. Sementara di dalam terlihat sesak dengan beberapa mobil pamer tambahan yang diposisikan berjejer.

Sepertinya, sederhananya dealer di Jepang berkaitan dengan mahalnya tanah di Negeri Samurai. Ruang yang tersedia, meskipun minimalis dimaksimalkan dengan penataan yang tetap rapi.

Agung Kurniawan Meski sederhana layanan yang diberikan tetap optimal.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com