Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memorabilia Honda Collection Hall

Kompas.com - 14/10/2014, 07:51 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Motegi, KompasOtomotif - Masih berjalan bersama puluhan rombongan pemenang undian "Road to MotoGP 2014" dari PT Astra Honda Motor (AHM) di Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu (12/10/2014). Sebelum balapan utama MotoGP bergulir, hari itu, rombongan menyempatkan diri mampir ke museum Honda Collection Hall yang berlokasi satu kompleks dengan sirkuit balap milik Honda tersebut.

Museum ini diresmikan Honda, Maret 1998, disiapkan sebagai tempat menampung berbagai produk memorabilia Honda, khususnya di dunia balap dan juga produk konsumen. Di tempat ini rombongan terlihat antusias dengan terus mengabadikan model-model mobil maupun sepeda motor terbaik Honda di dunia. Beberapa model, bahkan juga pernah dipasarkan di Indonesia.

Museum ini terdiri dari tiga lantai memamerkan total 350 unit kendaraan, terdiri dari mobil, sepeda motor, dan mesin. Semua produk yang dipamerkan usianya sudah tidak muda lagi, tetapi masih dalam kondisi terawat dan bisa beroperasi.

Di lantai teratas (tiga), Honda memamerkan teknologinya di dunia balap. Berbagai mobil balap legendaris Honda menghuni lantai ini. Mulai dari mobil balap Honda di ajang Formula 1 sampai Civic Wonder Motul. Juga ada sepeda motor balap Honda mulai dari tunggangan Dani Pedrosa sampai milik Valentino Rossi, dan Mick Doohan.

Agus Salim Berbagai koleksi mobil balap lawas Honda ada di sini.

Pada lantai dua, Honda Collection Hall memamerkan kendaraan-kendaraan yang dipasarkan untuk konsumen di seluruh dunia. Koleksi apik mulai dari sepeda dengan motor sampai CBR1000R ada di lantai ini. Juga, mobil-mobil lawas seperti Civic generasi pertama sampai NSX generasi terakhir yang pernah dipasarkan.

Di lantai pertama, Honda membelah ruang pameran ini dalam dua bagian. Pertama, ditujukan untuk memamerkan evolusi robot humanoid ASIMO. Kedua, ruang interaksi, di mana terdapat perpustakaan, workshop bagi pengunjung yang mau merakit mobil elektrik dan mengujinya langsung, serta toko souvenir.

KompasOtomotif hanya memiliki waktu kurang dari 10 menit menyaksikan museum kebanggaan Honda itu, karena harus segera berbeser ke lintasan balap. Sebagai oleh-oleh, saksikan beberapa jepretan langsung dari lokasi pameran, di Galeri KompasOtomotif.

Agus Salim Honda Collection Hall berlokasi di kompleks Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com