Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

"9 Mobil" Masuk Kabin Toyota Avanza

Kompas.com - 11/09/2014, 14:05 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Modifikasi bukan cuma urusan orang tua. Anak-anak juga punya andil menentukan tema dan gaya. Apalagi, yang dioprek adalah mobil keluarga. Inilah yang dialami H Chaerul M Poetra ketika akan mendandani Toyota Avanza G lansiran 2013. Gaya di kabin pun menjadi urusan selera anak.

Pria yang bekerja sebagai tenaga pemasaran itu bercerita bahwa sang anak sangat menyukai die-cast. Salah satu permintaan yang dikatakan ke orang tuanya adalah memajang die-cast Avanza pada dashboard, berikut satu sosok robot mainan.

”Dikasih mobil-mobilan lain tidak mau. Dia ikutan suka Avanza yang dibeli orang tuanya, termasuk minta dibelikan miniaturnya. Permintaannya pun saya turuti dengan memajang miniatur di dashboard agar lebih ceria suasananya,” cerita Poetra.

KompasOtomotif-donny apriliananda Dashboard penuh dengan miniatur mobil Avanza, ditata berdasarkan keinginan anak.

Terdapat sembilan mainan Avanza yang mejeng di bagian depan kabin. Tiga di antaranya warna hitam, lima lainnya putih. Ada beberapa yang diberi stiker AXIC, sesuai nama klub tempat Poetra bernaung dan berkumpul.

Simbol sayang
Soal penataan miniatur, lagi-lagi sang anak yang lebih banyak andil. ”Semua yang menata anak saya. Dia pengin yang besar di tengah, diikuti yang kecil-kecil di pinggirnya. Adil sih, interior mengikuti keinginan anak, eksterior bapaknya yang berkuasa,” celetuk Poetra lantas tertawa.

Itulah simbolisasi rasa sayang terhadap anak versi Poetra. Dalam anggapannya, memodifikasi mobil keluarga berarti melibatkan seluruh anggota keluarga. Termasuk istri yang tak mau jika kabin terlalu banyak berubah.

KompasOtomotif-donny apriliananda Audio diganti untuk memberi hiburan pada anak.

Selain menambah miniatur pada dashboard, tidak ada lagi ubahan selain menguliti jok, mengganti audio dengan tipe double din plus monitor tujuh inci. Selebihnya standar, untuk mengedepankan kenyamanan, terutama ketika dipakai jalan jarak jauh.

Mesin juga standar. Sebab, menurut Poetra, jantung pacu Avanza sudah tangguh dan irit penggunaan bahan bakar untuk digunakan sebagai pendukung mobilitas sehari-hari. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com