Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Juga Siapkan "Adik" Avanza?

Kompas.com - 10/09/2014, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Rencana Daihatsu Indonesia menampilkan model konsep UFC3 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, 18-28 September mendatang, menciptakan pertanyaan baru bagi masyarakat. Apakah nantinya "adik" Xenia itu juga akan dipasarkan dengan menggunakan merek Toyota?

"Hingga saat ini, belum ada keputusan apakah Toyota akan ikut masuk ke segmen yang baru di bawah Avanza. Pembicaraan akan dilakukan dengan Daihatsu," ujar Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), menjawab pertanyaan KompasOtomotif di Jakarta Selatan, Selasa (10/9/2014).

Sebelumnya, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), tidak menampik kalau konsep itu merupakan cikal bakal MPV 7-penumpang terbaru dari Daihatsu. Produk ini nantinya akan bersanding dengan Ayla, memanfaatkan program Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau alias LCGC.

Jika jadi dipasarkan, UFC3 akan menjadi satu-satunya mobil murah MPV bermuatan 7-penumpang dewasa yang ada di pasar. Otomatis akan bersaing dengan Datsun Go+ Panca yang punya konfigurasi penumpang 5+2.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Daihatsu UFC 2 di IIMS 2013, akan disempurkan kembali di IIMS 2014.

Segmen baru
Rencana Toyota ikut masuk ke pasar MPV 7-penumpang murah bukan tanpa alasan. Saat ini model terlarisnya, Avanza, mulai meninggalkan segmen pasar lamanya karena semakin tinggi harga jual, bermain di atas Rp 150 jutaan. Artinya, terciptalah segmen baru untuk MPV 7-penumpang dengan harga Rp 100-150 jutaan.

Jika dipasarkan, pilihannya ada dua. Pertama, Toyota ikut memasarkan UFC3 dengan personalisasi khusus, sama seperti yang dilakukan oleh Agya, dan ikut masuk ke segmen LCGC. Kedua, lepas dari program LCGC dan memilih memasarkan model ini di atas segmen yang dimasuki Daihatsu (LCGC), tetapi tetap di bawah Avanza.

"Semua kerja sama yang dilakukan bersama Daihatsu sifatnya menguntungkan kedua belah pihak. Tapi, sampai saat ini belum ada pembahasan lebih lanjut karena segmen model yang dipasarkan Toyota juga ketat," tutup Samulo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com