Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaguar Bidik Sedan Murahnya untuk Wanita Muda

Kompas.com - 09/09/2014, 15:45 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif – Jaguar sudah memperkenalkan mobil termurah yang pernah mereka produksi, All-New XE, Senin, (8/9/2014). Kemunculannya ternyata lebih didesain untuk menjangkau konsumen berusia lebih muda dan wanita.

Di Inggris, sedan sport XE dibanderol 27.000 poundsterling atau sekitar Rp 511 juta. Model ini menjadi yang pertama di keluarga XE Series. Selanjutnya model SUV akan menyusul.

Sedan premium kompak ini akan menantang BMW Seri 3 yang dilepas 23.550 poundsterling (sekitar Rp 445,8 juta) serta model Audi A4 dan Mercedes-Benz C-Class di level yang sejajar.

Kepala insinyur program XE Series Nick Miller menjelaskan, sedan menjadi alat ekspansi Jaguar menjangkau segmen baru. Merek ikonis Inggris ini biasanya lebih digemari konsumen kaya raya berusia lebih dewasa.

“Kami pikir bidikan utama saat ini adalah konsumen yang kebanyakan masih muda, yang sudah berkeluarga, dan kebanyakan juga wanita,” terang Miller kepada Reuters.

Ia juga menambahkan, Jaguar kembali menghadirkan model entry level di pasar mobil premium setelah X-Type pensiun 2009 lalu. Jaguar semakin percaya diri karena perekonomian dunia dipandang sehat dan suksesnya pengembangan platform baru berbahan alumunium.

"Daur ulang bisa mengurangi biaya alumunium,” kata Miller yang juga mengklaim sedan XE merupakan mobil yang paling banyak menggunakan alumunium. Sebesar 75 persen permukaan bodi memakai bahan alumunium.

Meski sudah diperkenalkan, detail sedan XE akan dibeberkan di Paris Motor Show, bulan depan. Mobil ini diproduksi di Solihull, hanya mesin yang dibuat terpisah. Produksinya dilakukan di Wolverhampton. Kedua lokasi berada di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com