Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedan Termurah Jaguar Resmi Meluncur dari London

Kompas.com - 09/09/2014, 07:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

London, KompasOtomotif - Jaguar-Land Rover (JLR) meluncurkan model terbarunya, XE, di London, Inggris, Selasa (9/9/2014), dini hari. Sedan terbaru ini merupakan model termurah Jaguar, turun di kelas premium compact, disiapkan untuk menantang dominasi BMW Seri-3, Audi A4, dan Mercedes-Benz C-Class.

Disebut termurah karena dibanderol mulai 27.000 poundsterling atau setara Rp 510,9 juta Belum ada mobil-mobil Jaguar yang semurah itu. Tak hanya agar semakin mampu bersaing, model ini juga diciptakan demi memperbesar volume penjualan di pasar global, sekaligus memperluas cakupan konsumen. 

XE juga menjadi ajang pertaruhan, apakah produsen asli Inggris itu mampu bersaing di segmen paling gemuk di kelas premium atau tidak. Sebab, JLR punya pengalaman buruk dengan model terdahulu di segmen sama, yakni X-Type yang dihentikkan produksinya satu dekade lalu.

"Model XE sangat penting bagi kami. Kami akan mendapat kesempatan untuk meraih konsumen lebih muda, termasuk mengajak pelanggan wanita masuk dalam lingkup target Jaguar," jelas Ralf Speth, Chief Executive Officer JLR di sela peluncuran.

Jaguar/Autoblog Menyasar pada segmen konsumen baru bagi Jaguar, anak-anak muda.

Kekar
Berbeda dengan model Jaguar lainnya, tongkrongan XE terlihat lebih kekar, bahkan mirip "muscle car" khas Amrik macam Ford Mustang atau Chevrolet Camaro. Wajah segar dan agresif, dilihat dari komposisi gril, bemper, dan sepasang lampu depan.

Keahlian Jaguar mengolah alumunium disiapkan untuk konstruksi sedan kecil ini. Lalu, beberapa bagian bodi dan komponen diproduksi menggunakan baja ringan tapi kuat, sehingga meningkatkan kekokohan tapi tidak kompromi terhadap penambahan bobot.

Ada lima pilihan mesin. Dua di antaranya diesel 2.0L dengan tenaga berbeda, dua tipe mesin 2.0L bensin Ingenium dengan pilihan output yang berbeda pula. Varian tertinggi mengandalkan 3.0L V6 supercharge, dipadu transmisi otomatis 8-percepatan, mampu menghasilkan tenaga hingga 340 tk dan torsi 450,1 Nm. Mobil tipe mesin ini bisa diajak ngebut 0-100 kpj dalam 4,9 detik, sedangkan kecepatan maksimum dibatasi hingga 249,4 kpj.

Generasi iPad
"Dengan XE, mereka benar-benar mencoba menciptakan mobil sport yang menyenangkan, seperti yang biasa dilakukan Jaguar sebelumnya," jelas Graham Searle, GM Klub Pecinta Jaguar di Bristol, Inggris.

Berbeda dengan rival yang lebih menyasar pada konsumen yang dewasa, sedan baru ini justru membidik "generasi iPad" atau sebutan untuk pengguna berusia muda yang mengikuti perkembangan teknologi.

Jaguar/Autoblog Layar sentuh 8 inchi dengan kemampuan terkoneksi aplikasi ponsel pintar memanjakan generasi muda.

Target pasar baru Jaguar dimanjakan dengan tampilan interior yang terlihat sederhana, pintar, dan tetap futuristik. Mobil ini bisa mengatur suhu ruangan, bahkan menghidupkan mesin dengan ponsel via aplikasi khusus. Sistem infotainment tersedia dengan layar sentuh 8 inci yang bisa terkoneksi ke berbagai aplikasi ponsel pintar dengan bantuan perintah suara (voice control).

Menariknya lagi, XE merupakan model pertama Jaguar yang dibekali teknologi power steering elektrik. Sistem ini dipilih karena lebih responsif sekaligus menawarkan efisiensi lebih baik ketimbang tipe hidrolik yang jadul.

Jaguar XE dirakit di pabrik JLR di Solihull, Inggris, Diharapkan sedan baru ini membantu target penjualan hingga 63.700 unit pada 2015 atau mendekati rekor penjualan terbaik Jaguar yang mencapai 74.500 unit pada 2013. JLR menargetkan bisa melipatgandakan penjualannya hingga 230.000 unit pada 2018.

Jaguar/Autoblog Berharap bisa mendongkrak penjualan hingga berkali-kali lipat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com