Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaguar Tebar Ancaman buat BMW Seri 3 dan Mercy C Class

Kompas.com - 05/03/2014, 10:37 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber carscoops

Geneva, KompasOtomotif – Jaguar akhirnya mengumumkan XE sebagai sedan segmen premium menengah, sekaligus menepis gosip yang muncul sebelumnya. Model ini siap meluncur dalam hitungan bulan, dan langsung menantang BMW Seri 3, Mercedes-Benz C Class, dan Lexus IS.

Menariknya, dia datang dengan bekal yang diklaim lebih canggih ketimbang para rival. Paling banyak dibicarakan adalah sasis monokok aluminium yang akan dipakai. Diklaim, XE akan lebih efisien, mewah, dan advance.

Tenaga dari mobil ini dipasok dari mesin baru berbahan bakar bensin atau solar. Kapasitas  2.000cc, lengkap dengan turbocharger. Emisi gas buang sangat rendah, cuma 100 g/km CO2. Selain itu, bakal ditawarkan versi lebih galak, diklaim mampu melesat hingga 300 kpj. Tentu, model ini juga punya versi kencang seperti para rival, BMW M3 atau Mercedes-Benz C Class AMG, namanya XER.

Jaguar Sasis monokok aluminium dan mesin baru yang dinamai Ingenium.

Berbicara di Geneva Motor Show, (4/3/3014), CEO Jaguar Land Rover, Ralf Speth, menyebut bahwa mesin yang dikembangkan di Engine Manufacturing Centre, Inggris itu akan menjadi mesin yang ringan, rendah friksi dan emisi dengan konfigurasi 4 silinder.

”Mesin baru itu akan dipakai di semua sedan medium Jaguar terbaru. Sedan yang dinamai XE itu akan mulai masuk jalur produksi akhir tahun ini. Spesifikasi lengkap akan kami susulkan, dan secara global Jaguar XE akan dijual pertengahan 2015,” jelas Speth.

Karena belum meluncur resmi, versi prototipe juga masih disimpan, tak muncul di Geneva Motor Show. Selain pamer model baru, ajang ini juga dijadikan untuk mencari pendapat konsumen tentang XE. Simak video teaser resmi Jaguar berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com