Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Subsidi 3 Kota untuk Uji Mobil Otonomos

Kompas.com - 01/08/2014, 12:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif – Pemerintah Inggris telah mengumumkan kebijakan baru terkait peredaran mobil otonomos yang mulai menyentuh aspal dalam negeri pada 2015. Undang-undang jalan raya dan pendekatan legal baru akan digunakan sebagai alat pengawas agar mobil otonomos tetap tidak melanggar hukum yang ada.

Sekertaris negara untuk bisnis Vince Cable, telah membuka tender senilai 10 juta Euro untuk tiga kota berbeda yang ingin menjadi area tes mobil otonomos. Ketiga kota akan berbagi subsidi tersebut untuk pengetesan selama 18 – 36 bulan.

“Dengan pengumuman ini kita akan melihat mobil tanpa pengemudi di jalan-jalan dalam kurun waktu enam bulan dari sekarang, ini akan menempatkan kita di depan dalam hal transformasi teknologi dan membuka peluang ekonomi serta sosial,” ujar Cable seperti diberitakan Motoring, Kamis (31/7/2014).

Cable juga mengingatkan kepada semua pengemudi di Inggris agar siap dengan kehadiran mobil tanpa pengemudi. Hal ini sangat perlu diperhatikan, sebab hampir seperempat penduduk dewasa di Inggris yang menjadi obyek survei mengaku khawatir dengan mobil otonomos.

Tapi, Menteri Transportasi Inggris Claire Perry menerangkan hal positif. Mobil tanpa pengemudi bisa menjadi jaringan komuter penduduk. “Mereka dapat menambah keamanan, mengurangi kemacetan, dan memangkas emisi terutama CO2,” kata Perry.

Di belahan dunia lain, AS dan Jerman telah menyetujui mobil otonomos beredar di wilayah publik dalam pengawasan. Perkembangan teknologi Google kini sampai sepertiga dari target sejuta mil pengetesan di California. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com