Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota FCV Mulai "Jajah" AS

Kompas.com - 01/07/2014, 08:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber carscoops
Colorado, KompasOtomotif - Setelah diperkenalkan perdana di Jepang, pekan lalu, kini Toyota Fuel Cell Vehicle (FCV) mulai menjajaki pasar Amerika Serikat. Kemunculan perdana versi produksi massal mobil berteknologi sel bahan bakar hirdogen, berlangsung di ajang Aspen Ideas Festival di Colorado, 24 Juni-3 Juli 2014.

Untuk lebih memastikan kalau mobil ini sama dengan yang diperlihatkan di negara asalnya beberapa waktu lalu, juru bicara media Carly Shaffner mengatakan, "Ya, ini adalah versi produksi massalnya, tapi hanya menunjukkan tampilan eksterior saja di Aspen. Harga tidak akan diumumkan sampai hari menjelang peluncuran, yakni tahun depan."

Jika dibandingkan dengan versi Japanese Domestik Market (JDM), perbedaan FCV ini hanya pada lampu sein di kedua sisi belakang mobil yang berkelir oranye.

Carscoop Perbedaan hanya warna mika sein yang berkelir oranye (Jepang) sedangkan yang lain bening.
Diklaim, FCV menawarkan teknologi baru bahan bakar hidrogen sebagai alternatif paling masuk akal di masa depan. Dengan pengisian tangki hidrogen 3 menit, sedan menengah ini mampu menempuh jarak hingga 700 km. Satu-satunya hambatan yang harus diperhatikan adalah jaringan stasiun pengisian hidrogen yang masih jarang jumlahnya.

Bahkan, di AS, Toyota hanya berencana memasarkan FCV ini di California yang sudah memiliki beberapa sarana penunjang. Awal tahun ini, Toyota juga mengumumkan kerjasama dengan FirstElement Fuels untuk mengoperasikan sekaligus merawat 19 stasiun pengisian hidrogen baru di California.

Carscoop Ikut pameran Aspen Ideas Festival di Colorado, 24 Juni-3 Juli 2014.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com