Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Umum JAMA: Jepang Siap Memimpin Kembali

Kompas.com - 04/06/2011, 05:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Asosiasi Industri Otomotif Jepang (Japan Automotive Manufacturers Association) Toshiyuki Shiga mengatakan, industri otomotif Jepang siap kembali memimpin otomotif dunia setelah pulih dari keterpurukan bencana gempa bumi dan tsunami, 11 Maret 2011.

"Sebenarnya pengaruh (bencana alam) tak kecil dan tak mudah untuk pulih. Sekarang fokus kami untuk kembali lagi," ujar Shiga kepada Kompas.com, beberapa hari lalu.

Pemulihan industri otomotif Jepang, menurut Shiga terus menunjukkan peningkatan yang positif. Keinginan warga Jepang yang ingin cepat pulih juga menjadi kunci utama perbaikan kondisi ke posisi normal sebelum bencana.

Seperti diketahui, hampir semua merek otomotif Jepang di dunia terpukul akibat bencana itu. Penjualan di seluruh penjuru dunia menurun, membuat rival lain seperti Detroit Three (General Motors, Chrysler dan Ford) dan Duo Korea Selatan (Hyundai-Kia) sudah mulai melahap konsumen merek-merek Jepang.

"Kami yakin, industri otomotif Jepang bisa pulih. Ketika kami melalui krisis ini, Jepang bisa lebih kuat dan kompetitif lagi," tegas Shiga, optimis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com