Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Red Bull 1-2, Vettel Juara di Suzuka

Kompas.com - 10/10/2010, 14:31 WIB

SUZUKA, KOMPAS.COM - Red Bull Racing kembali memperlihatkan keperkasaannya dengan finish 1-2 di F1 Jepang. Sebastian Vettel menjadi yang terbaik di lomba menempuh 53 lap ini tanpa bisa dilawan baik oleh pesaingnya, maupun rekan setimnya sendiri, Mark Webber.

Penampilan Vettel memang begitu dominan di sirkuit Suzuka ini. Bayangkan, di babak kualifikasi, ketiga sesi terus dikuasai pebalap berusia 23 tahun itu sebagai yang tercepat. Begitu juga saat lomba, begitu start, pebalap Jerman ini melejit mulus ke depan dan tak terkejar sampai finish yang diselesaikannya dengan total waktu 1 jam 30 menit 27,323 detik.

Dengan kemenangannya itu, ia mendapat tambahan 25 angka menjadi total 206 angka. Posisinya pun langsung melejit dari kelima menjadi ketiga di belakang Mark Webber yang finiah kedua dan Fernando Alonso (Ferrari) finish ketiga. Bahkan peraihan total angkanya sama dengan Alonso.

Prestasi finish 1-2 Red Bull Racing ini merupakan yang ketiga tahun musim balap 2010. Dua sebelumnya di ukir di Malaysia dan Monza (Italia) dan dengan kemenangan ini posisi konstruktor Red Bull di tangga keratas semakin kokoh dengan total 426 angka.

Gebrakan hebat diperlihatkan Lewis Hamilton. Start dari urutan ke delapan, pebalap Mclaren ini bisa menyodok tiga pebalap sekaligus. Dirinya lantas tertahan di belakang rekan setimnya. Sempat coba menyodok dari sisi dalam di tikungan tusuk konde lap 45, namun dapat diambil Button saat ke luar tikungan.

Drama start Begitu meninggalkan garis start, empat pebalap tidak bisa mengikuti lomba. Nico Hulkenberg (Williams) bersenggolan dengan Petrov (Renault) yang menghajar diding pembatas di trek lurus.

Jelang masuk tikungan pertama, Felipe Massa yang menyodok dari sisi dalam, beberapa meter maau masuk tikungan pertama, posisinya melebar ke luar. Akibatnya, pebalap Brasil itu senggolan dengan Luizzi (Force India).

Safety car pun ke luar. Nasib malanh menimpa rekan setim petrov, Robert Kubica. Pada lap lapke-3 saat masih dalam formasi dipandu SC, tiba-tiba menempi. Kejadian ini membuat Red Bull 1-2.

Pada lap 49, bendera kuning berkibar. Mobil Mercedes yang dikemudikan Nico Rosberg melintir di tikungan ringan dan ban belakang kiri lepas. Mobil pun menghantam dinding pembatas meski tidak kencang.

GP F1 Jepang Lap             : 53 Total jarak :307.573km; Cuaca          : cerah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com