Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bridgestone Daur Ulang Ban yang Cacat Produksi

Kompas.com - 17/08/2024, 14:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada produksi ban yang setiap harinya bisa berjumlah sangat banyak, mungkin saja ditemukan beberapa ban yang cacat produksi atau tidak lolos standar kualitas. PT Bridgestone Tire Indonesia punya caranya tersendiri untuk menanganinya.

Bridgestone memilih untuk mendaur ulang ban tersebut menjadi sesuatu barang yang layak pakai. Sebab, ban tersebut sudah tidak mungkin akan ditemukan atau dijual di pasar.

Baca juga: Bridgestone Tertarik Jadi OEM Mobil Listrik China

Anindito Ajireswara, Consumer Marketing 1 Manager Bridgestone Indonesia, mengatakan, pihaknya memiliki kerja sama dengan beberapa masyarakat. Salah satunya program sosotan dengan warga di daerah Bogor untuk mengolah ban cacat produksi jadi barang-barang yang berfungsi.

Ban segala medan (all terrain) Bridgestone Dueler A/T002 resmi diluncurkanKompas.com/Donny Ban segala medan (all terrain) Bridgestone Dueler A/T002 resmi diluncurkan

"Jadi, mereka kami berikan mesin untuk melakukan pemisahan antara karet dengan benang dan kawat, di mana karetnya untuk bikin karpet mobil dan benangnya untuk tambang di kapal," ujar Anindito, kepada wartawan, saat ditemui di Karawang, Bekasi, belum lama ini.

Anindito menambahkan, untuk mendaur ulang ban tersebut ada proses pemisahan dengan mesin cutting. Tepatnya, untuk memisahkan karet dan kawat baja yang ada di dalam ban.

Baca juga: Bridgestone Segera Luncurkan Ban Mobil Listrik

"Jadi, itulah bentuk-bentuk daur ulang yang kami lakukan dan sudah kami lakukan sejak 2021 sampai sekarang. Sementara ini, program tersebut baru ada di daerah Bogor saja," kata Anindito.

Bridgestone meramaikan IIMS 2024IST Bridgestone meramaikan IIMS 2024

Sementara untuk persentase ban yang mengalami cacat produksi, menurut Anindito, jumlahnya juga tidak banyak. Bahkan, tidak sampai melebihi 1 persen dari jumlah yang berhasil diproduksi.

Untuk diketahui, kontrol kualitas yang dilakukan Bridgestone Indonesia juga sangat ketat. Sehingga, ban yang sampai ke tangan konsumen benar-benar memiliki kualitas yang tinggi. Maka itu, jumlah ban yang cacat produksi juga tidak banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau