Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bridgestone Tertarik Jadi OEM Mobil Listrik China

Kompas.com - 15/08/2024, 18:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bridgestone Tire Indonesia berencana untuk segera meluncurkan ban khusus mobil listrik. Selain menjual secara retail, Bridgestone sepertinya juga tertarik untuk menjadi OEM mobil listrik China.

Gatot Adrie Triyono, Head of Consumer Sales & Marketing, Product Planning and Retail Development Bridgestone Indonesia, mengatakan, pihaknya dipastikan ada rencana untuk menjadi OEM mobil listrik.

Baca juga: Mencoba Keunggulan Ban Segala Medan Bridgestone Dueler Terbaru

"Pastinya kita juga studi dan setting price-nya bakal seperti apa. Ke depan kita memang coba ke arah sana. Saat ini saya nggak bisa bocorkan (merek yang disasar), tapi lebih ke arah apa yang kita punya dan kita tawarkan," ujar Gatot, kepada wartawan, saat ditemui di Karawang, Bekasi, Rabu (14/8/2024).

Bodykit Wuling Air ev garapan Tomi AirbrushKompas.com/Nanda Bodykit Wuling Air ev garapan Tomi Airbrush

Gatot menambahkan, Bridgestone tidak hanya mengincar OEM untuk mobil listrik China. Tapi, pabrikan Korea Selatan dan Jepang pun jadi incaran.

Pilihan mobil listrik di Indonesia sudah sangat beragam. Banyak juga merek China yang merambah pasar otomotif nasional, seperti Wuling, DFSK, GAC Aion, BYD, Chery, Jaecoo, Great Wall Motor (GWM), dan lainnya.

Baca juga: Bridgestone Resmi Luncurkan Ban Baru untuk SUV

Pada Januari 2024, Bridgestone Indonesia juga sudah meluncurkan ban ramah lingkungan Ecopia EP300 Enliten dengan salah satu ukurannya berdiameter 12 inci. Ban tersebut khusus diperuntukkan Wuling Air ev.

PT Sokonindo Automobile membawa dua merek andalannya yakni DFSK dan Seres di PEVS 2024.KOMPAS.com/NANDA PT Sokonindo Automobile membawa dua merek andalannya yakni DFSK dan Seres di PEVS 2024.

Gatot mengatakan, penjualan EP300 Enliten untuk Air ev cukup positif dan mendapatkan umpan balik yang baik dari konsumen. Distribusi saat ini juga dikatakannya tidak ada masalah.

"Jadi, karena permintaannya belum banyak, seperti MPV, dan lain-lain. Tapi, sejauh ini ada (peminatnya)," kata Gatot.

Bridgestone Ecopia EP300KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Bridgestone Ecopia EP300

Saat ditanya apakah Bridgestone juga berencana menjadi OEM untuk Air ev, Gatot mengatakan, perlu studi lebih lanjut untuk ke arah sana.

"Kita sekarang belum bisa bocorkan apa-apa, tapi intinya OEM itu kita coba pendekatan ke semua, bukan cuma China dan Korea, tapi semua," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau