Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Pertamax Naik, Isi BBM Full Avanza dan Xpander Tembus Rp 600.000

Kompas.com - 11/08/2024, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pertamina resmi menaikan harga beberapa jenis bahan bakar minyak (BBM), salah satunya adalah Pertamax, yang berlaku mulai Sabtu (10/8/2024).

Pertamax mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 12.950 per liter, kini bahan bakar non subsidi tersebut dibanderol Rp 13.700 per liter untuk Jakarta dan sekitarnya.

Seiring dengan hal tersebut, mau tak mau akan berdampak pada kocek pemilik kendaraan termasuk mobil. Sebab dengan kenaikan harga BBM maka biaya yang dibutuhkan untuk isi bensin jadi semakin besar.

Baca juga: Ketahui Bahaya Lupa Menurunkan Rem Tangan

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Guna melihat secara langsung dampak kenaikan BBM terhadap konsumsi BBM harian pada mobil, Kompas.com membuat simulasinya. Dalam kesempatan ini, kendaraan yang digunakan LMPV dengan pengisian BBM jenis Pertamax.

Contoh pertama, mobil sejuta umat All New Toyota Avanza yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar 43 liter. Dengan harga Pertamax saat ini, maka untuk pengisian penuh membutuhkan dana Rp 589.100.

Adapun sebelumnya dengan harga Pertamax lama yang masih Rp 12.950, biaya yang dibutuhkan ialah Rp 556.850. Bisa disimpulkan, pemilik All New Toyota Avanza harus menambah biaya BBM sebesar Rp 32.250 sampai penuh.

Baca juga: Adu Spesifikasi MPV, Nissan Serena e-Power Vs Toyota Voxy

Mitsubishi XpanderMMKSI Mitsubishi Xpander

Sementara itu, biaya lebih besar harus dikeluarkan pemilik Mitsubishi Xpander karena kapasitas tangki BBM-nya mencapai 45 liter. Dengan metode yang sama, dibutuhkan kocek Rp 616.500 untuk mengisi BBM Pertamax full tank.

Padahal sebelumnya, Pemilik Xpander cukup mengeluarkan dana Rp 582.750 (harga Pertamax Rp 12.950 per liter) untuk mengisi Pertamax sampai penuh, atau berselisih Rp 33.750.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau