Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diggia Perpanjang Kontrak Dengan Pertamina Enduro VR46 dan Ducati

Kompas.com - 07/08/2024, 19:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Di Giannantonio bisa dibilang punya performa yang cukup baik sejauh ini bersama Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Pebalap yang akrab disapa Diggia ini baru saja memperpanjang kontraknya hingga akhir musim 2026.

Tapi, kontraknya bukan hanya dengan VR46. Diggia juga mendapat kontrak langsung dari Ducati. Salah satu isinya adalah Diggia akan menggunakan motor yang sama dengan tim pabrikan, yakni Desmosedici GP25, pada musim depan.

Baca juga: Diggia Cosplay Jadi Rossi di MotoGP Inggris 2024

Diggia mengatakan, sembilan bulan yang lalu dia mendapati dirinya tidak memiliki motor untuk melanjutkan mimpinya. Tapi, hari ini dia bisa menandatangani kontrak dengan dua entitas terpenting di MotoGP.

Fabio Di Giannantonio menandatangani kontrak dengan Pertamina Enduro VR46 dan Ducati untuk musim 2025/2026Dok. VR46 Fabio Di Giannantonio menandatangani kontrak dengan Pertamina Enduro VR46 dan Ducati untuk musim 2025/2026

"Sulit dipercaya. Saya sangat senang bisa melanjutkan perjalanan fantastis ini bersama Pertamina Enduro VR46 Racing Team dan Ducati Corse untuk dua musim ke depan. Saya tiba di sini hampir secara kebetulan, saya langsung merasa seperti di rumah sendiri dan bersama Tim kami bekerja dengan sangat baik," ujar Diggia, dalam keterangan resminya.

"Saya ingin berterima kasih kepada Vale, Uccio, Pablo, seluruh kru, Ducati dan staf pribadi saya, kami tidak menyia-nyiakan kesempatan. Kami membuka babak baru, saya tidak sabar. Saya akan berada di lintasan selama dua tahun dengan Ducati resmi, kami bisa dan harus berusaha untuk mencapai hasil yang ambisius," kata Diggia.

Baca juga: Diggia Sebut Motor MotoGP Harus Canggih

Diggia menambahkan, ini adalah proyek besar dan dirinya merasa seratus persen terlibat dan bisa mengincar podium teratas. Penandatanganan kontrak ini menjadi dorongan yang besar bagi dirinya untuk selalu memberikan yang terbaik.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024Dok. VR46 Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Inggris 2024

Direktur Tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team Alessio Salucci, mengatakan, periode dua tahun Pertamina Enduro VR46 Racing Team untuk tahun 2025/2026 mulai terbentuk.

Setelah minggu lalu mengumumkan kerja sama dengan Ducati, hari ini VR46 dapat mengonfirmasi bahwa Fabio, berkat kesepakatan yang ditandatangani langsung dengan Pabrik Borgo Panigale, akan mengenakan warna kuning neon untuk dua musim ke depan.

"Saya tidak bisa menyembunyikan kepuasan saya, dia tiba di sini pada menit-menit terakhir, dia bekerja sangat keras, dia selalu berada di sana bersama orang-orang terkuat dan dia pantas mendapatkan hasil ini," ujar sahabat baik Valentino Rossi, yang akrab disapa Uccio.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024GORINI_LUCA Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

"Ini adalah momen yang sangat penting bagi masa depan Tim, hubungan dengan Ducati semakin kuat dan kami hanya bisa berterima kasih kepada Pertamina Lubricants dan semua mitra kami yang mendukung kami dan terus percaya pada proyek ambisius ini," kata Uccio.

General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna, mengatakan, pihaknya senang memiliki Fabio Di Giannantonio di antara para pebalap Ducati untuk dua tahun ke depan. Diggia selalu menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi terhadap proyek ini.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024Dok. VR46 Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2024

"Dedikasi serta bakatnya telah membawanya berkembang dengan mantap di MotoGP. Kami yakin bahwa bersama dengan VR46 Racing Team dan dengan adanya Desmosedici GP resmi, dia akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengeluarkan seluruh potensinya. Selamat datang secara resmi di keluarga Ducati, Fabio!" kata Dall'Igna.

Saat ini, Diggia berada di peringkat kedelapan pada klasemen sementara MotoGP. Sejauh ini, Diggia sudah mengumpulkan 104 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau