Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidak, Menhub Temukan Bus Pariwisata Tak Layak Jalan Beroperasi

Kompas.com - 10/06/2024, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menemukan adanya bus pariwisata yang tak laik jalan ketika melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kawasan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

Dalam sidak tersebut, Budi mendapatkan bus pariwisata yang tak memiliki surat-surat lengkap seperti uji Kir bahkan sampai Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), yang kemudian dilakukan penegakkan hukum.

"Kami bersama Kakorlantas sengaja datang ke Ragunan yang memang terkenal menjadi destinasi wisata. Saya tadi melakukan random check terhadap enam bus. Dari enam bus, empat bus tidak melengkapi KIR, bahkan ada yang STNK-nya sudah habis. Uji KIR itu menunjukkan bahwa kendaraan laik jalan, mestinya yang empat tadi tidak boleh jalan," kata Budi dalam keterangan resminya, Minggu (9/6/2024).

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO EPA Star, Double Decker Sasis Tronton

Menhub Budi Karya Sumadi temukan bus pariwisata tak laik beroperasiKEMENHUB Menhub Budi Karya Sumadi temukan bus pariwisata tak laik beroperasi

Bersama Korlantas Polri, Kemenhub akan melakukan penegakan hukum terhadap bus yang tidak layak jalan, yakni melakukan penahanan unit bus yang tidak dapat menujukkan uji KIR serta mengedukasi pemilik bus pariwisata agar menaati peraturan.

Pemeriksaan langsung kondisi lapangan atau sweeping, akan terus dilakukan untuk menindak secara langsung pelanggar peraturan.

"Selama ini mungkin kita tahu bahwa beberapa bus pariwisata mengalami kecelakaan. Dari kasus yang ada, mayoritas mereka tidak memiliki syarat-syarat perjalanan seperti surat Uji KIR, STNK, dan yang lain," ujar Budi.

Lebih lanjut, Budi juga mengedukasi masyarakat untuk memastikan bus pariwisata yang digunakan layak jalan. Caranya bisa dengan melakukan pengecekan melalui situs mitradarat.dephub.go.id, atau meminta pengemudi menunjukkan surat uji Kir dan kelengkapan lainnya.

Baca juga: Klaim BPTD II Jabar, Persentase Bus Pariwisata Laik Jalan Meningkat

Sementara itu, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso mengatakan, Korlantas Polri mendukung upaya-upaya untuk menertibkan bus pariwisata dan akan melakukan sweeping setiap minggunya di lokasi-lokasi wisata.

Menhub Budi Karya Sumadi temukan bus pariwisata tak laik beroperasiKEMENHUB Menhub Budi Karya Sumadi temukan bus pariwisata tak laik beroperasi

"Pada sidak hari ini akan kita lakukan penindakan dan kita sampaikan kepada perusahaan operator untuk mengganti kendaraan dengan yang sudah lengkap surat-suratnya. Yang suratnya belum ada nanti kita hentikan. Ini akan kita lakukan sesuai kerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerin Perhubungan," kata Raden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com