Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pajero Terbelah karena Tabrak Truk di Tol | Alasan Sopir Bus dan Truk Dilarang Injak Pedal Rem saat Jalan Menurun | Pemesan BeAT Tembus 4.000 unit di Jakarta

Kompas.com - 24/06/2024, 06:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua pengendara dapat belajar dari kecelakaan maut yang membuat Mitsubishi Pajero Sport terbelah karena menabrak bagian belakang truk tronton di Tol Semarang-Batang, Sabtu (22/6/2024).

Pasalnya, pengemudi disebut kurang fokus berkendara sehingga tidak awas terhadap kendaraan di sekitar. Padahal truk teronton itu sedang berhenti.

Selain itu, artikel mengenai alasan sopir bus dan truk yang dilarang injak rem saat jalanan menurun juga mencuri perhatian pembaca di kanal otomotif Kompas.com pada Minggu (23/6/2024).

Jumlah pemesanan Honda BeAT terbaru di Jakarta juga tak ayal mendapat sorontan tersendiri. Berikut 5 artikel tepopuler Kompas Otomotif pada akhir pekan;

Baca juga: Belajar dari Pajero yang Terbelah karena Tabrak Truk di Tol Semarang

Penanganan kecelakaan di KM 405+200 arah Semarang Ruas Jalan Tol Batang-Semarang pada Sabtu (22/6/2024).
PT Jasamarga Semarang Batang Penanganan kecelakaan di KM 405+200 arah Semarang Ruas Jalan Tol Batang-Semarang pada Sabtu (22/6/2024).

1. Belajar dari Pajero yang Terbelah karena Tabrak Truk di Tol Semarang

Kejadian kecelakaan maut terjadi melibatkan Mitsubishi Pajero Sport dan truk di Tol Semarang-Batang, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (22/6/2024), pukul 07.45 WIB.

Mobil Pajero dari arah Jakarta menuju Semarang menabrak bagian belakang truk tronton yang sedang berhenti di bahu jalan. Saat kejadian, sopir truk tidak ada di belakang kemudi karena sedang buang air kecil.

Dikutip dari KompasTV, pengemudi Pajero tidak melihat truk yang sedang parkir di pinggir tol. Pengemudi juga tidak fokus karena telah menempuh perjalanan jauh dari Sumatera menuju Blitar.

Baca juga: Kenapa Sopir Bus dan Truk Dilarang Injak Pedal Rem Saat Jalan Menurun?

Ilustrasi truk molen.Unsplash/CHUTTERSNAP Ilustrasi truk molen.

2. Kenapa Sopir Bus dan Truk Dilarang Injak Pedal Rem Saat Jalan Menurun?

Pemakaian rem utama secara terus menerus, berulang dan lama akan membuat komponen mengalami overheat sehingga beberapa malfungsi rem akan terjadi.

Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengatakan hampir semua peristiwa rem blong terjadi di jalan menurun.

“Hal ini tak lepas dari minimnya pengetahuan, maka dari itu setiap sopir bus dan truk harus dibekali dengan teknik mengemudi saat melewati jalan menurun, tak cukup hanya mengandalkan autodidak,” ucap Wildan kepada Kompas.com, Kamis (20/6/2024).

Baca juga: Kecelakaan Fatal Pajero Sport, Ini Pentingnya RUP Bumper Belakang Truk

Ilustrasi kecelakaan. Hans/Pixabay Ilustrasi kecelakaan.

3. Kecelakaan Fatal Pajero Sport, Ini Pentingnya RUP Bumper Belakang Truk

Mitsubishi Pajero Sport menabrak bagian belakang truk di Tol Semarang-Batang, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (22/6/2024), pukul 07.45 WIB.

Pengemudi Pajero disebut kurang konsentrasi dan menabrak bagian belakang truk tronton yang sedang berhenti di bahu jalan. Truk berhenti di pinggir sebab sopir sedang buang air kecil.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com