Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Jadinya jika Wuling Binguo EV Jadi Taksi Bluebird

Kompas.com - 08/06/2024, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors resmi memperkenalkan mobil listrik Wuling Binguo EV, belum lama ini. Mobil ini hadir dengan dimensi yang ringkas serta desain yang atraktif. Tak heran bahwa banyak pemilik Binguo EV yang memutuskan untuk modifikasi sehingga lebih menarik.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh pemilik Binguo EV, Al Kautsar Yuda Siregar. Pria berusia 23 tahun ini melakukan modifikasi nyeleneh dengan menjadikan Binguo EV miliknya layaknya unit Taksi Bluebird.

Kautsar mengungkapkan, semula dirinya sengaja membeli Wuling Binguo EV lansiran 2024 untuk mobilitas sehari-hari.

Baca juga: Harga Pikap Bekas per Juni 2024, Mitsubishi L300 mulai Rp 30 Jutaan

“Mobilnya tahun 2024, saya baru beli di Maret kemarin. Memang sekarang mobilnya untuk sehari-hari ya karena terbukti irit dan fleksibel. Mobilnya kan memang basic-nya sudah imut, bulat-bulat dan tidak membosankan gitu jadi saya kepikiran modifikasi saja,” ucap Kautsar kepada Kompas.com, Jumat (7/6/2024).

Wuling Binguo EVDok pribadi Kautsar Wuling Binguo EV

Kautsar melanjutkan, melihat Wuling Binguo EV miliknya yang berwarna biru. Ia pun berpikir untuk memodifikasi mobil listrik asal Negeri Tiongkok ini layaknya taksi Bluebird.

“Saya kepikiran biasanya orang modifikasi Air EV biasanya pake livery polisi atau livery lain. Nah, yang untuk warna biru ini saya kepikiran, apa saya parodikan Bluebird saja ya? Tapi namanya kan saya ganti Blue Bie saja kali ya karena warnanya biru, sementara B untuk imbuhan akhir saja,” kata Kautsar.

Mobil listrik milik Kautsar masih tampil dengan visual yang sama seperti Binguo EV standar. Hadir dengan ciri khas lampu berbentuk lonjong, demikian juga list krom dan bumper berwarna hitam di bagian bawah.

Wuling Binguo EVDok pribadi Kautsar Wuling Binguo EV

Bagian yang dimodifikasi terbilang minim, hanya tambahan stiker layaknya unit taksi Bluebird dengan tambahan dop pada pelek.

“Itu sebenarnya bukan saya ganti pelek seutuhnya, saya cuma belinya karena pelek bawaan itu kaleng dan ternyata dop-nya itu bisa dilepas pasang. Akhirnya saya tidak tambahan dan saya pasangkan saja,” kata Kutsar.

Kemudian Kautsar menambahkan custom stiker bertuliskan ‘Bluebie’ pada bagian pintu samping, lengkap dengan nomor lambung KR-1007 di bodi pintu belakang.

Sementara di bagian interior, Kautsar menambahkan head unit yang menggantung di kaca spion layaknya argo taksi.

“Saya sangat butuh Apple CarPlay untuk melihat maps dan mengganti lagu. Akhirnya saya memasang head unit eksternal, jadi tidak mau hanguskan garansi tapi bisa dipakai. Memang sengaja dibuat mirip argo taksi jadi masuk sesuai konsep,” kata Kautsar.

Wuling Binguo EVDok pribadi Kautsar Wuling Binguo EV

Bicara soal waktu modifikasi dan biaya modifikasi, Kautsar membutuhkan 1-2 bulan dengan menghabiskan dana Rp 1,5 juta.

“Waktu lebih ke pre order peleknya sekitar 1-2 bulan, sisanya custom stiker cepat. Budget Rp 1,5 juta,” ucap Kautsar.

Baca juga: Ada Ajang Tour de Panderman di Malang, Cermati Rekayasa Lalin

Modifikasi yang dilakukan Kautsar memang terlihat simpel namun tampak unik dan cukup menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com