Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Celica Mau Bangkit, Jadi GR Celica

Kompas.com - 06/06/2024, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Celica termasuk salah satu sedan sport yang punya nama besar. Belum lama ini, beredar kabar bahwa Toyota berencana untuk memproduksinya kembali, tapi masuk keluarga Gazoo Racing (GR).

Untuk diketahui, Celica disuntik mati pada 2006. Generasi ketujuh tersebut sempat dipasarkan selama lima tahun.

Baca juga: Rekayasa Digital Toyota Celica Berwajah Prius Generasi Terbaru

Dikutip dari Carscoops.com, Kamis (6/6/2024), Toyota dikabarkan akan kembali memproduksi Celica. Mobil berjenis coupe tersebut akan dibekali dengan mesin pembakaran internal sebagai salah satu model GR.

Ilustrasi Toyota Celica generasi terakhir yang discontinue pada 2006.AUTOCAR.co.uk Ilustrasi Toyota Celica generasi terakhir yang discontinue pada 2006.

Disebutkan bahwa Toyota sudah mempersiapkan mesin 2.0 L, 4-silinder, turbocharged. Mesin konvensional tersebut akan dikawinkan dengan sistem transmisi terbaru Toyota, yakni GR-Four AWD.

Beberapa waktu lalu, Toyota bersama Mazda dan Subaru menyatakan komitmennya untuk terus mengembangkan mesin pembakaran internalnya. Toyota juga mengkonfirmasi sedang mengembangkan mesin 4-silinder terbaru untuk kapasitas 1.5 L dan 2.0 L.

Baca juga: Toyota Daftarkan Lagi Nama Celica, Mau Buat Apa?

Ilustrasi hasil render Toyota Celica generasi baru.SPYDER7.com Ilustrasi hasil render Toyota Celica generasi baru.

Sebuah laporan dari salah satu media Jepang mengeklaim bahwa pengembangan mesin performa tinggi baru ini telah dimulai beberapa tahun yang lalu dan telah selesai. Meskipun Toyota belum memberikan informasi tentang spesifikasinya, publikasi tersebut berspekulasi bahwa tenaga yang dihasilkan mendekati 400 Tk.

Saat ini, belum diketahui akan seperti apa desain eksteriornya. Tapi, Toyota diyakini akan memperkenalkan secepatnya pada Januari 2025, bertepatan dengan Tokyo Auto Salon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com