Toyota Daftarkan Lagi Nama Celica, Mau Buat Apa?

Kompas.com - 01/02/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi Toyota Celica generasi terakhir yang discontinue pada 2006. AUTOCAR.co.ukIlustrasi Toyota Celica generasi terakhir yang discontinue pada 2006.

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota kabarnya akan menghidupkan lagi nama Celica untuk dipakai pada model baru yang akan meluncur. Hal ini terungkap dari daftar pengajuan pada Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO).

Menurut laporan Autocar, pengajuan tersebut telah dibuat pada 15 Januari lalu oleh Toyota Motor Corporation.

Pengajuan merek dagang yang sudah pernah digunakan memang bukan hal yang mustahil. Biasanya sebuah perusahaan mendaftarkan ulang nama tersebut untuk mempertahankan kepemilikan. Sekaligus juga untuk menjaga legalitas jika sewaktu-waktu kembali digunakan.

Baca juga: Soal Tilang Elektronik; Tak Perlu Sidang, Denda Maksimal dan Uang Sisa Dikembalikan

Toyota 86 mendapat penyegaran dari berbagai sisi.TAM Toyota 86 mendapat penyegaran dari berbagai sisi.

Masalahnya, kabar ini muncul bertepatan dengan waktu peluncuran Toyota 86 baru yang direncanakan hadir akhir tahun ini.

Apalagi kedua mobil punya hubungan genetik yang sama, yaitu sebagai kupe dua pintu dengan konfigurasi penumpang 2+2 dengan harga terjangkau serta berfokus pada pengemudi.

Rumors mengatakan, bahwa Celica bakal jadi nama baru dari 86. Atau masih menggunakan angka tersebut, tapi dengan embel-embel Gazoo Racing menjadi GR86.

Baca juga: Porsche Tabrak LCGC, Jangan Pernah Kabur Bila Terlibat Kecelakaan

Ilustrasi olah digital Toyota Celica generasi baru.SPYDER7.com Ilustrasi olah digital Toyota Celica generasi baru.

Sementara itu, ada kemungkinan bahwa Celica akan kembali hadir sebagai mobil yang berbeda dari 86. Apalagi Toyota pernah sesumbar untuk menghidupkan lagi jajaran mobil sport legendarisnya.

“Kami telah menghidupkan kembali Supra, jadi berikutnya adalah Celica dan MR-2, dan diberi nama The Three Brothers,” ucap Masayuki Kai, Mantan Chief Engineer Toyota, dilansir dari laman Spyder7 (31/1/2021).

Dengan ramainya tren SUV ketimbang mobil sport, muncul juga rumor tentang penerus Celica yang akan dirilis dalam wujud crossover.

Baca juga: Kasus Mobil Sengaja Terjang Genangan Air, Begini Etika Melewatinya

Toyota Celica buatan tahun 2004.carscoops Toyota Celica buatan tahun 2004.

Apalagi sempat beredar kabar kalau Toyota akan menghadirkan Crown versi SUV untuk menjawab permintaan pasar di segmen mobil mewah.

Untuk diketahui, Celica merupakan salah satu mobil sport ternama Toyota, yang sudah hadir sejak dekade 1980-an.

Generasi terakhir Celica yang berhenti diproduksi pada 2006, merupakan sedan kupe dua pintu dengan mesin 1.800 cc 4-silinder yang mirip dengan dapur pacu Corolla Altis.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X