Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Handal Bakal Diperluas, Bisa Produksi 90.000 Mobil Per Tahun

Kompas.com - 01/06/2024, 13:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Handal Indonesia Motor (HIM) memastikan bakal mendirikan pabrik baru agar bisa mengakomodasi kapasitas produksi kendaraan yang lebih besar.

Denny Siregar, Presiden Direktur PT HIM, menyebutkan, pihaknya akan membangun pabrik baru dengan total luas 38 hektar yang mampu memproduksi hingga 90.000 unit kendaraan setiap tahunnya.

“Kita sedang kembangkan fasilitas baru, 60 kilometer dari sini (PT Handal Indonesia Motor di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat), di Purwakarta Integrated Industrial Park. Itu kita buat pabrik lebih besar dari yang di sini,” ucap Denny saat ditemui Kompas.com di Bekasi, Jumat (31/5/2024).

Baca juga: Mitos atau Fakta Mobil FWD Lemah saat Menanjak?

“Lahannya 38 hektar, kalau yang di sini (PT Handal) hanya 12 hektar. Serta kapasitas bila yang di sini 30.000 unit per tahun, nanti di sana tiga kali lipatnya. Artinya bisa sampai 90.000 unit per tahun, tapi itu bertahap,” lanjutnya.

Sebagai informasi, saat ini sudah ada tiga merek yang merakit produknya di pabrik Handal, yakni Chery, Neta, dan Jetour. PT Handal Indonesia Motor saat ini memiliki kapasitas 30.000 unit.

Test drive Chery Tiggo 7 Pro dan 8 ProFoto: Chery Test drive Chery Tiggo 7 Pro dan 8 Pro

Pada tahun ini, Neta mendapatkan jatah produksi 10.000 unit hingga 2025. Sementara Chery mendapatkan jatah produksi 30.000 unit untuk tahun ini. Adapun untuk Jetour belum diketahui berapa banyak unit jatah produksi dalam satu tahun.

Denny juga menyebutkan, akan ada tiga merek baru dari China yang unti mobilnya siap diproduksi di pabrik baru milik PT Handal Indonesia Motor.

"Beberapa merek yang ada nanti itu rencananya akan di tempat baru itu. Untuk tempat ini kita spesifik dua merek atau tiga merek termasuk Jetour,” kata Denny.

Baca juga: Komparasi Harga BBM per 1 Juni 2024, Shell, Vivo, dan BP Turun

"Mudah-mudahan akhir tahun tempat yang baru itu selesai sebagian, sementara untuk (kapasitas) full baru kuartal tiga tahun depan,” lanjutnya.

Sepak terjang Handal sebagai pabrik mobil sudah berlangsung lama. Pabrik pertama dibangun oleh PT Zastam Motor Indonesia pada 1975, dan sempat menjadi pabrik perakitan Nissan pada 1976 sampai 1980-an.

Pada tahun 2000-an, namanya berganti menjadi PT Hyundai Indonesia Motor yang hanya fokus merakit mobil Hyundai. Kemudian, pada November 2020 berganti nama menjadi PT Handal Indonesia Motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com