Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasib Motor-motor Bekas MotoGP yang Tak Ikut Balap

Kompas.com - 30/05/2024, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP merupakan balapan sepeda motor paling bergensi di dunia. Motor-motor yang berlaga di MotoGP ialah motor terbaik yang dibuat oleh pabrikan.

Motor MotoGP merupakan motor prototipe dan tidak dibuat untuk umum. Motor yang ikut balapan dikembangkan khusus untuk performa alias untuk jadi yang terkencang.

Baca juga: Dimulai Akhir 2024, Transaksi Tol Nirsentuh Dilakukan Bertahap

Pertanyannya ialah kemana motor-motor MotoGP kalau sudah tidak ikut balap. Seperti diketahui setiap tahun pabrikan menggunakan motor baru dan spesifikasi lebuh tinggi.

Valentino Rossi selalu mengandalkan helm AGV dan wearpack Dainese sejak balapan di kelas 125 cc pada 1996Dok. Dainese Valentino Rossi selalu mengandalkan helm AGV dan wearpack Dainese sejak balapan di kelas 125 cc pada 1996

Dilansir dari boxrepsol, motor-motor MotoGP musim sebelumnya yang sudah tidak dipakai balap biasanya berakhir jadi barang pajangan.

Memang tidak semua pabrikan mengikuti kriteria yang sama, namun secara umum motor MotoGP yang sudah tidak dipakai masih memiliki umur yang panjang karena jadi pajangan.

Dulu, di tahun 60'an, motor-mototr bekas balap Gran Prix diketahui ada yang didaur ulang, dijual, atau disewakan ke tim swasta.

Baca juga: Uji Daya Sorot Lampu dan Pelek Mobil dengan Keliling Indonesia

Namun saat ini secara umum motor MotoGP yang sudah tidak terpakai lagi menjadi model pamer. Misalkan dibeli oleh perwakilan merek di suatu negara sebagai motor pameran,  misalkan diberikan pada Astra Honda Motor (AHM) buat pameran di Indonesia.

Aksi pebalap Ducati, Francesco Bagnaia, pada sesi free practice MotoGP Mandalika 2023, Oktober 2023. Terkini, Bagnaia menjadi pemenang balapan utama MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Minggu (15/10/2023). Artikel ini berisi klasemen MotoGP 2023. (Photo by Sonny TUMBELAKA / AFP)AFP/SONNY TUMBELAKA Aksi pebalap Ducati, Francesco Bagnaia, pada sesi free practice MotoGP Mandalika 2023, Oktober 2023. Terkini, Bagnaia menjadi pemenang balapan utama MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Minggu (15/10/2023). Artikel ini berisi klasemen MotoGP 2023. (Photo by Sonny TUMBELAKA / AFP)

Kemudian motor bekas MotoGP juga kerap dihadiahkan kepada pebalapnya. Terutama kalau pebalapnya meraih gelar juara dunia. Seperti Marc Marquez yang mengoleksi motor yang dia pakai saat balapan.

Baca juga: Pensiun Jadi Pebalap, Aleix Espargaro Incar Test Rider Yamaha

Pilihan lain yaitu motor dilelang buat koleksi orang kaya. Motor-motor seperti ini cukup banyak di dunia, karena memorabilia balap terutama MotoGP memang dicari penggemar.

Kasus yang lain ialah pabrikan sengaja menyimpan motor untuk tujuan tertentu seperti proyek pengembangan selanjutnya. Sebab data yang ada masih bisa dipakai buat motor berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com