Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Pengemudi Mini Cooper Kehilangan Akses Masuk Mobil

Kompas.com - 29/05/2024, 18:24 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Peristiwa pintu mobil Mini Cooper terkunci dari dalam dengan kondisi mesin menyala dialami oleh warga Jakarta, ketika sedang berada di luar kota.

Kunci mobilnya tertinggal di dalam mobil sejak jam 2 siang hingga jam 7 malam dengan kondisi mesin menyala. Hal ini tentu membuat pemiliknya khawatir bila sampai terjadi masalah pada mesin.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @kuncimaestro, Sabtu (25/5/2024) dijelaskan solusinya dengan dibuatkan kunci duplikat dengan modal foto fisik kunci yang ada di Jakarta.

Baca juga: Tips Pilih Mini Cooper Seken Kondisi Apik


Lantas, seperti apa kronologi kejadiannya sehingga pintu Mini Cooper bisa terkunci dari dalam dengan kondisi mesin menyala?

Yusuf, Pemilik Maestro Kunci Yogyakarta mengatakan tidak terjadi masalah teknis atau kesalahan sistem dalam peristiwa tersebut, kejadian dipicu karena konsumen meninggalkan remote di dalam kabin.

“Mulanya mobil sengaja ditinggal dalam kondisi mesin menyala, lalu pintu dikunci pakai tombol di handle pintu dari luar mobil, kemudian niat mau ambil barang di bagasi, jadi yang terbuka hanya pintu bagasi saja, pintu lain masih terkunci,” ucap Yusuf kepada Kompas.com, Rabu (29/5/2024).

Baca juga: Ini 2 Model Mini Cooper Bekas yang Jarang Peminatnya

Mini Cooper BekasKompas.com/Adityo Wisnu Mini Cooper Bekas

Yusuf mengatakan, justru karena sistem keamanan Mini Cooper bekerja dengan baik ketika konsumen mengambil barang di bagasi dan remote tertinggal di dalamnya, sistem membuat pintu bagasi langsung terkunci saat sudah tertutup rapat.

“Kunci lupa dibawa keluar ketika bagasi sudah tertutup, ada tergeletak di lantai, inilah pemicunya yakni remot tertinggal di dalam bagasi, perlu diketahui pintu bagasi mobil ini tidak ada gagangnya, cara bukanya harus pakai remote,” ucap Yusuf.

Yusuf mengatakan hampir semua mobil yang di remotenya ada tombol untuk buka bagasi mereka punya sistem tersendiri sehingga ketika pintu bagasi tertutup akan langsung terkunci.

Baca juga: Ini Mini Cooper yang Laris di Bursa Mobil Bekas

Bengkel spesialis MINI Cooper bernama MINI Klinik Indonesia di Fatmawati, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/Gilang Bengkel spesialis MINI Cooper bernama MINI Klinik Indonesia di Fatmawati, Jakarta Selatan.

“Buka pintu bagasinya harus pakai tombol yang ada di remote, tapi karena remot terjebak di dalam mobil jadi tidak bisa dibuka lagi, sementara untuk membuka pintu yang lain dengan tombol di gagang pintu tidak bisa karena sistem membaca remote ada di dalam,” ucap Yusuf.

Yusuf mengatakan khusus pengguna mobil modern yang sudah dilengkapi smartkey atau keyless lansiran di atas tahun 2020-an, perlu mengingat bahwa prinsip kerja sistem keamanannya selalu memprioritaskan si pemegang remote.

Ketika pengemudi tidak memegang remote selaku kunci mobil tersebut, maka pengemudi akan kehilangan akses. Nah, seperti itulah prinsip kerja sistem keamanan mobil modern atau smartkey.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com