Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi ECGO 3 buat Ojol, Dapat Dua Baterai Bisa Jalan 200 Km

Kompas.com - 28/05/2024, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ECGO dan Gotion Indonesia bikin program penjualan motor listrik khusus buat pengendara ojek online (ojol). Tanpa DP, cuma bayar Rp 55.000 per hari selama satu tahun.

Motor yang diberikan adalah ECGO 3, model motor listrik yang seperti skutik konvensional. Kemampuannya bisa dibilang mumpuni, cocok buat ojol yang pemakaiannya cukup berat setiap hari.

Nantinya dari paket pembelian, pengendara ojol dapat dua baterai lithium dengan kapasitas 1,8 kWh. Satu baterai bisa menempuh jarak 60 Km sampai 70 Km, jadi bila keduanya dipakai, bisa jalan 140 Km.

Baca juga: ECGO Atasi Kendala Ojol Pakai Motor Listrik, Bisa Jalan 200 Km Sehari

ECGO 3 sekarang harganya jadi Rp 7,9 juta setelah subsidi Kompas.com/Fathan ECGO 3 sekarang harganya jadi Rp 7,9 juta setelah subsidi

Selain dapat dua baterai lithium, dapat juga dua casan, satu yang standar dan satu lagi fast charger. Kalau pakai fast charger 800 Watt, pengecasan baterai dari 0 sampai penuh cuma 2 jam 30 menit.

Jadi biar bisa jalan sehari 200 Km, dua baterai tadi dipakai sampai habis, lalu dicas sambil istirahat. Klaim ECGO, mengecas selama satu jam, baterai bisa terisi sekitar 80 persen dan jalan 60 Km.

Soal motornya, ECGO 3 bisa melaju sampai 75 Kpj. Tenaga yang keluar dari motornya 3.500 Watt yang ukurannya 12 inci, sama dengan pelek depan, jadi dimensinya makin mirip dengan skutik konvensional.

Baca juga: Penggunaan Pelat Palsu Anggota DPR Semakin Marak

Secara tampilan, ECGO 3 tampil seperti skutik konvesional. Pada bagian penerangan menggunakan lampu DRL LED di depan, tapi sayang lampu utamanya masih bohlam.

Tapi dari standar, ECGO 3 ini dipasang beberapa stiker, seperti tulisan ECGO Sports di bagian bawah dek dan ECGO Bike di bodi samping. Sedangkan di bagian belakang, desain lampu belakangnya simpel dengan mika smoked dan sudah LED.

Fitur lainnya adalah ECGO 3 dilengkapi dengan sistem cruise control. Unik sekali motor yang harganya tidak sampai Rp 10 juta punya kelengkapan layaknya motor listrik di atas Rp 20 juta.

Selain itu, ECGO 3 sudah disematkan GPS untuk melacak baterai dan motor. Lalu ada juga BMS yang mendeteksi suhu baterai untuk menghindari terjadinya ledakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com