Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik ECGO 3 Baru Dapat Subsidi, Banyak Persiapan

Kompas.com - 14/11/2023, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ECGO bisa dibilang bukan pendatang baru di pasar sepeda motor listrik. Muncul sejak 2018, ECGO bisa bertahan sampai sekarang dan mempunya lini produk yang menarik.

Hanya saja, kehadiran yang sudah lama tadi tidak membuat ECGO langsung mengikuti aturan agar menerima subsidi. Memang, syarat buat bisa mendapatkan subsidi adalah motornya punya TKDN di angka 40 persen.

Cuma syarat tersebut baru terpenuhi sekarang, dengan ECGO 3 yang punya TKDN di angka 57,89 persen. Padahal kalau dirakit secara lokal, seharusnya bisa lebih cepat mengumpulkan TKDN.

Baca juga: ECGO Jamin Ketersediaan Suku Cadang dan Jaringan Aftersales

ECGO 3KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI ECGO 3

William Teng, CEO ECGO mengatakan, waktu yang lama tadi diisi dengan persiapan. Selain itu, dia dapat informasi kalau dulu TKDN cukup 20 persen saja biar bisa menerima subsidi.

"Pemerintah pas awal memberi kami info TKDN cuma 20 persen saja. Tapi di April jadi 40 persen, makanya kami mulai me-review suplai chain lokal kami," kata William kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (13/11/2023).

Prosesnya memang cukup panjang, ECGO melokalkan berbagai komponen, dari suku cadang, sasis, pengecatan, sampai baterai.

Baca juga: ECGO 3 Kasih Program Buat Ojol, Sewa Hak Milik Rp 25.000 per Hari

"Paling besar (TKDN) baterai, kami buat rangka di sini, dan mengecat di sini," kata William.

William merasa baru bisa ikut subsidi sekarang tidak terlambat. Perkembangan motor listrik masih terus bertumbuh, bisa dilihat dari kuota 200.000 motor listrik saja sekarang masih sisa 187.000-an.

"Di Web (sisapira) bisa kita lihat sendiri, baru 10.000-an, artinya semua pabrikan motor listrik belum jualan banyak," kata William.

Selain itu, William percaya kalau pemerintah akan melanjutkan subsidi motor listrik di 2024. Mengingat tujuannya adalah membuat semakin banyak orang yang menggunakan motor yang nol emisinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com