Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Buka Suara Soal Santa Fe Hybrid Meluncur di RI

Kompas.com - 27/05/2024, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) tidak menutup kemungkinan untuk menghadirkan generasi terbaru dari SUV Santa Fe berteknologi hibrida di Tanah Air.

Pasalnya, dijelaskan Chief Marketing Officer HMID Budi Nur Mukmin, kini perseroan tengah berfokus pada kendaraan elektrifikasi sebagai upaya mendukung pemerintah mengurangi emisi guna menuju netralitas karbon pada 2060.

Terkhusus, pada mobil listrik berbasis baterai seperti Hyundai Ioniq 5 yang saat ini telah diproduksi lokal dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 40 persen dan akan terus ditingkatkan sampai 60 persen.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N Bakal Hadir di Indonesia, Diproduksi Lokal?

Generasi kelima Hyundai Santa FeDok. Hyundai Generasi kelima Hyundai Santa Fe

"Suatu hal yang pasti, kita fokus di mobil listrik karena itu tidak hanya di Indonesia, tetapi Hyundai secara global fokus dan perhatian besarnya ke sana," ucap Budi saat ditemui di PIK, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

"Skenario itu akan selalu ada, tetapi saya belum bisa berbicara sekarang apakah Santa Fe akan ada varian hybrid atau tidak. Yang pasti kita fokus di mobil listrik," tambah Budi.

Meski demikian, ia memastikan perseroan tidak akan beralih fokus pada kendaraan jenis hibrida walau nantinya pemerintah mengeluarkan insentif di sektor tersebut.

"Kami merasa masa depan mobil ramah lingkungan memang ada starting-nya. Sebelum ke hidrogen saya rasa mobil listrik salah satu solusi. Jadi kita ingin fokus ke sana," katanya.

Sebelumnya, Chief Operating Officer HMID Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, perusahaan bakal memperbarui semua produk yang dipasarkan di Tanah Air, tidak terkecuali Santa Fe.

Baca juga: Ada Pabrik Baterai, Hyundai Pastikan Ioniq 5 Tembus TKDN 60 Persen

Generasi kelima Hyundai Santa FeDok. Hyundai Generasi kelima Hyundai Santa Fe

Pernyataan tersebut disampaikannya kala redaksi Kompas.com mengonfirmasi foto yang memperlihatkan SUV dimaksud sedang dites di ruas tol Kelapa Gading dengan berbalut kamuflase.

“Pastinya, kami senantiasa memperbaharui produk yang kami jual di Indonesia seperti Santa Fe. Kami sedang melakukan studi terhadap kebutuhan model-model terbaru kami. Kami akan meluncurkan produk terbaru Hyundai dalam waktu dekat ini,” kata Frans, Senin (15/4/2024).

Santa Fe diyakini akan menjadi kompetitor di kelas SUV medium, melawan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com