Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Catalunya 2024; Bagnaia Kalahkan Martin, Marquez Podium Lagi

Kompas.com - 26/05/2024, 19:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rider Ducati Francesco Bagnaia sukses menjadi juara pada MotoGP Catalunya 2024, mengalahkan Jorge Martin yang ada di posisi kedua. Sedangkan Marc Marquez mampu mengamankan podium ketiga.

Jalannya balapan, kondisi cuaca sangat cerah, cenderung panas. Bahkan temperatur aspal di trek mencapai 48 deraja celsius.

Start berjalan mulus buat Pedro Acosta, tapi dipotong langsung oleh Francesco Bagnaia saat memasuki tikungan pertama dan kedua. Bagnaia memimpin balapan di putaran pertama ditempel ketat Acosta.

Jorge Martin juga mengambil alih posisi ketiga dari Brad Binder. Marc Marquez yang di Sprint Race dapat podium, di lap pertama masih berada di posisi ke-10.

Aleix Espargaro yang ada di pole position sayangnya harus turun beberapa posisi, kini posisi kelima. Begitu juga dengan Raul Fernandez yang start ketiga, kini mengisi posisi keenam.

Masuk lap kedua, Acosta terus menekan Bagnaia, mencari celah buat menyalip. Martin terus memperkecil jarak ke Acosta, kini cuma 0,3 detik, Binder dan Espargaro mengikuti di belakangnya.

Lap ketiga, Acosta coba menyalip Bagnaia di tikungan ke-10 namun masih belum berhasil. Bahkan setelah keluar tikungan, Acosta hampir senggolan dengan Bagnaia.

Lap keempat, tiga pebalap terdepan jaraknya sangat berdekatan. Bahkan di tikungan ke-10, Martin berhasil menyalip Acosta dengan mulus. Fernandez juga menyalip Espargaro, kini mengisi posisi kelima.

Pada lap kelima, Bagnaia mulai memberi jarak dengan Martin. Masuk tikungan ke-10, Martin berhasil menyalip Bagnaia, sedangkan Acosta tempel ketat Bagnaia yang kini berada di posisi kedua.

Awal tikungan pertama di lap keenam, Bagnaia hampir menyalip Martin. Empat pebalap terdepan berdekatan jaraknya, ada Martin, Bagnaia, Acosta, dan Binder.

Acosta menyalip Bagnaia di tikungan ke-10, langsung fokus kejar Martin yang mulai memberi jarak di depan. Balapan masih tersisa 18 putaran, kondisi ban harus sangat dijaga sampai selesai.

Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, 24 Mei 2024. (Photo by LLUIS GENE / AFP)AFP/LLUIS GENE Pebalap Pramac Racing, Jorge Martin, kala beraksi dalam rangkaian MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, 24 Mei 2024. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Putaran ketujuh, Martin dan Acosta menjauh di depan, meyisakan jarak 0,6 detik ke Bagnaia dan Binder. Espargaro berhasil menyalip Fernandez di tikungan pertama saat memasuki lap kedelapan, mengisi posisi kelima.

Masuk putaran kesembilan, Martin dan Acosta makin jauh dari Bagnaia, kini selisihnya satu detik. Binder mulai kendur mengejar Bagnaia, kini pebalap Afrika Selatan itu dipepet Espargaro.

Pada lap ke-10, Martin dan Acosta punya catatan waktu yang identik, 1 menit 39,8 detik. Sedangkan Bagnaia masih mengawasi dengan selisih sekitar satu detik dengan Acosta.

Awal lap ke-11, Espargaro berhasil merebut posisi keempat dari Binder. Fernandez juga langsung menyalip Binder, ambil posisi kelima.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com