Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ioniq 5 N Bakal Hadir di Indonesia, Diproduksi Lokal?

Kompas.com - 26/05/2024, 08:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Company memastikan bakal meluncurkan kendaraan listrik flagship andalannya, Ioniq 5 N di Indonesia pada tahun ini.

Kendaraan tersebut akan memperkuat posisi pabrikan asal Korea Selatan ini sebagai merek otomotif terdepan soal kendaraan listrik di Indonesia, setelah sebelumnya hadir Ioniq 5 dan Ioniq 6.

Chief Marketing Officer Hyundai Motors Indonesia (HMID) Budi Nur Mukmin menyebutkan, nantinya Ioniq 5 N akan benar-benar berbeda dari model mobil listrik sebelumnya. Di mana, performa dan sensasi berkendara menjadi faktor yang dikedepankan.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N, Cita Rasa Mobil Listrik Sport Gim

Hyundai siap meluncurkan Ioniq 5 N di Indonesia Juli 2024.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Hyundai siap meluncurkan Ioniq 5 N di Indonesia Juli 2024.

"Kita anti gimik-gimik klub. Kita akan benar-benar keluargan varian N Performance," kata dia, Jumat (24/5/2024).

Bahkan, perseroan berencana akan langsung memproduksi Ioniq 5 N secara lokal di fasilitas PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Namun dalam kesempatan tersebut, Budi masih enggan menyampaikan secara rinci kapan mobil berperforma itu akan masuk lini produksi.

"Teman-teman harus memahami konsumen di Indonesia, daya beli yang top line dan harganya upper level jumlahnya terbatas. Jadi tidak menutup kemungkinan ke depan, kita juga akan mengeluarkan aksesori, lebih kepada modifikasi ringan," ucap Budi.

"Jadi konsumen yang secara daya beli tidak sanggup (membeli Ioniq 5 N, kita harus mengakomodir itu. Apakah ini akan diproduksi lokal? Kita ingin harganya terjangkau, jadi Insyhaallah kita akan produksi di sini," tambah dia.

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 N Meluncur di Indonesia Juli 2024

Hyundai Ioniq 5 N LineHyundai.com Hyundai Ioniq 5 N Line

Hal serupa juga disampaikan Chief Operating Officer (COO) PT HMID, Fransiscus Soerjopranoto yang menyebut status Ioniq 5 N di dalam negeri belum diputuskan. Apakah diimpor secara utuh (CBU) dari Korea Selatan atau langsung diproduksi lokal.

"Belum diputuskan, tapi sudah dijawab oleh Pak Budi bahwa ada kemampuan untuk membuat secara lokal," ucap dia.

Kedatangan Ioniq 5 N ke Indonesia pertama kali disampaikan langsung oleh Joon Park, Head of N Brand Hyundai ketika ditemui di Seoul, Korea Selatan, Kamis (16/5/2024).

Secara khusus, ia mengungkapkan mobil akan hadir pada ajang GIIAS 2024 di awal semester II/2024 mendatang.

"Tunggu saja dalam waktu dekat ini, di motor show (GIIAS 2024). Saya akan datang langsung ke Indonesia," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com