Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Astra Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sumba Timur

Astra Hadirkan Program Pembinaan Sekolah di Sumba Timur

Kompas.com - 21/05/2024, 10:54 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUMBA TIMUR, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk (ASII) merupakan perusahaan industri otomotif. Astra telah mendiversifikasi bisnisnya ke dalam tujuh segmen, seperti otomotif, pembiayaan, pertambangan dan konstruksi, serta agrobisnis.

Perusahaan ini juga merupakan distributor tunggal beberapa merek otomotif ternama: Toyota, Daihatsu, Honda, Peugeot, dan BMW. Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meluncurkan program pembinaan Empat Pilar (Akademik, Karakter, Kecakapan Hidup, dan Seni Budaya) melalui Seminar Motivasi.

Seminar motivasi tersebut dilakukan untuk 14 sekolah binaan di Kecamatan Pandawai yang berlokasi di Kabupaten Sumba Timur pada, Senin (20/5/2024).

Acara ini juga turut menghadirkan Asisten 1 Kabupaten Sumba Timur Dominggus Hina Kondanamu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sumba Timur Erwin Pasande beserta jajaran, Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim, dan para kepala sekolah, serta guru binaan.

“Kami berharap para kepala sekolah dan guru binaan Kabupaten Sumba Timur dapat mewujudkan cita-cita YPA-MDR untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga menghasilkan anak-anak bangsa yang cerdas,” kata Gunawan.

Baca juga: Modifikasi Hedon Trio Mio Project, Tembus Rp 200 Jutaan

Astra luncurkan program pembinaan sekolah di Sumba Timur.
dok. Astra Astra luncurkan program pembinaan sekolah di Sumba Timur.

Seminar Motivasi ini dibawakan oleh Eko Cahyono Tjia, Trainer dan Pimpinan Umum Quantum Edukasindo Paradigma yang membina para kepala sekolah, dan guru mengenai Pilar Karakter dengan tujuan membentuk nilai moral dan budi pekerti agar menghasilkan peserta didik berkarakter baik sesuai dengan ajaran leluhur Bangsa Indonesia.

Pada Pilar Karakter, YPA-MDR berpegang teguh pada prinsip Cermat, Dinamis, Antusias, dan Sinergis yang disingkat sebagai ‘CerDAS’ berperan sebagai landasan dasar bagi karakter para guru dan kepala sekolah binaan.

"Kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan ini karena dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas pendidikan khususnya di Kecamatan Pandawai. Kami berharap ilmu yang didapatkan dapat ditularkan ke sekolah-sekolah di kecamatan lain sehingga kualitas pendidikan di Sumba Timur dapat meningkat," kata Dominggus Hina Kondanamu.

Baca juga: AHM Resmikan Safety Riding Lab Baru di Tasikmalaya

Melalui Seminar Motivasi ini, YPA-MDR turut mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dari segi akademik, karakter, kecakapan hidup, dan seni budaya sehingga menghasilkan anak bangsa yang cerdas dengan semangat belajar dan berinovasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com