Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membawa Anak Saat Perjalanan Jauh Naik Mobil

Kompas.com - 21/05/2024, 09:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Membawa anak bepergian menggunakan mobil memerlukan persiapan yang matang supaya perjalanan menjadi aman dan nyaman.

Untuk itu, orang tua harus memastikan bahwa semua kebutuhan anak terpenuhi, seperti makanan ringan, minuman yang sehat, serta perlengkapan anak lainnya.

Selain itu, penting juga untuk mempersiapkan perlengkapan darurat seperti obat-obatan dan perlengkapan kebersihan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, banyak yang perlu disiapkan orang tua saat membawa anak bepergian naik mobil.

Baca juga: Thailand Masih Kuasai Produksi Mobil di ASEAN Januari-April 2024

Car seat sama pentingnya seperti sabuk pengaman, namun sebagian orangtua enggan menggunakannya, salah satunya karena penggunaannya yang rumit.FREEPIK/JCOMP Car seat sama pentingnya seperti sabuk pengaman, namun sebagian orangtua enggan menggunakannya, salah satunya karena penggunaannya yang rumit.

“Nomor satu yang perlu dipersiapkan adalah car seat karena penting untuk menjaga keamanan di bocah,” kata Sony, Minggu (19/5/2024).

Selain itu, Sony juga mengatakan, untuk membawa makanan dan minuman agar anak tidak lapar selama perjalanan, terlebih pada saat perjalanan panjang.

“Bawa juga mainan yang tidak membahayakan untuk menyibukkan aktivitas si bocah diperjalanan,dan bawa pakaian cadangan atau ganti si bocah,” kata Sony.

Baca juga: Daur Ulang Baterai Listrik Belum Butuh di Indonesia


Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, untuk tindakan preventif orang tua bisa mengaktifkan fitur child lock pada pintu mobil.

“Child lock dapat mencegah anak yang iseng membuka pintu saat mobil bergerak atau saat macet," kata Roslianna.

Dia juga mengatakan, anak wajib menggunakan kursi pengaman yang sesuai dengan usianya, sehingga anak nyaman selama perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com