Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Benar Cas Baterai Motor Listrik Biar Enggak Kembung

Kompas.com - 10/05/2024, 18:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik sudah banyak ditemui di jalanan. Penggunaan baterai di motor dinilai efektif dan efisien, hemat pengeluaran karena tidak perlu mengisi bensin secara rutin, cukup dicas saja.

Cuma butuh kebiasaan baru buat mengecas motor listrik. Jangan sampai salah cara yang akhirnya membuat baterai mengembung.

Kepala Cabang Yadea Pasar Minggu Samadin mengatakan, baterai motor listrik yang kembung bisa terjadi pada pengguna motor listrik baru. Penyebabnya, mereka kurang paham cara mengecas motor yang benar.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Begini Ketentuan Pakai Toilet Bus DAMRI

Ilustrasi diler YadeaDok. Indomobil Yadea Ilustrasi diler Yadea

"Jadi untuk pengecasan tidak perlu menunggu sampai habis baterai. Dicas dalam kondisi tiga per empat atau setengah tidak masalah, justru lebih baik daripada dibiarkan sampai habis," ujar Samadin kepada Kompas.com belum lama ini.

Kebiasaan membawa motor sampai mogok atau kehabisan BBM jangan sampai dibawa saat sudah memiliki motor listrik. Usahakan langsung mengecas motor saat indikator baterai menyentuh 20 persen.

Baca juga: Bocoran Siapa yang Jadi Rekan Setim Bagnaia di MotoGP 2024

"Kalau sampai habis benar, kadang tidak bisa dicas menggunakan charger bawaan. Harus pakai alat bantu, seperti di-jumper. Jadi harus dibawa ke bengkel,” ucap Samadin.

Selain itu, usahakan tidak mengecas terlalu lama saat sudah penuh atau overcharge. Kebiasaan tersebut juga bisa menyebabkan baterai motor kembung.

"Pemilik jadi tidak perlu menunggu lama dan bisa menjaga usia baterai lebih awet," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com