Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Serikat Punya Jalan Raya yang Bisa Cas Baterai Mobil Listrik

Kompas.com - 14/01/2024, 08:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Amerika Serikat telah memperkenalkan jalan raya yang dapat mengisi daya kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Dikutip dari clickondetroit.com, Minggu (14/1/2024), jalan tersebut terletak di Kota Detroit, tepatnya di 14th Street dekat Michigan Central di Corktown.

Jalan ini terlihat seperti pada umumnya, namun tidak demikian jika dilewati oleh kendaraan listrik. Sebab, di bawah permukaan jalan tersebut terdapat kumparan pengisian daya induktif yang dapat mengisi daya kendaraan listrik.

Baca juga: Pakai Dinamo Hub-Drive untuk Konversi Motor Listrik, Bikin Baterai Jadi Awet

"Di sinilah pentingnya berada di Detroit, di tempat di mana para produsen otomotif berada, di mana inovasi dapat benar-benar berkembang," ucap Wakil Presiden Pengembangan Bisnis Electreon, Stefan Tongur.

Sebagai informasi, Electreon menjadi perusahaan yang bertanggung jawab atas teknologi yang digunakan di jalan raya. Pihaknya juga telah menguji kemampuan pengisian daya nirkabel yang tertanam di jalan raya ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Business | Motivation | Technology (@wealth)

"Jadi, saat kendaraan ini melaju, ia memiliki kumparan sekunder di bawahnya yang kami sebut receiver, dan ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan daya dari kumparan primer di bawah tanah ke kumparan sekunder, receiver, ke dalam baterai," kata Tongur.

Tongur mengatakan, bahwa pengisian daya dapat terjadi saat kendaraan sedang bergerak atau tidak bergerak. Kendaraan listrik harus memiliki receiver untuk mengaktifkan pengisian daya. Sebab, pengisian daya tidak akan beroperasi tanpa penerima.

Para petinggi perusahaan juga mengklaim bahwa jalan tanpa kabel tersebut aman untuk semua mobil, pejalan kaki, dan satwa liar.

Baca juga: Spesifikasi Honda BeAT Listrik Hasil Konversi Nagara

Selain itu, diharapkan jalan tersebut tidak hanya tersedia di Michigan Central saja, namun juga berkembang untuk jalan raya lainnya.

"Ini adalah langkah maju yang luar biasa. Jadi, jika Anda memikirkannya, ini hanya seperempat mil jalan, apa yang akan kami pelajari adalah apa yang akan memungkinkan perluasan itu dan memikirkan potensi untuk dapat mengisi daya melalui jalan raya," kata CEO Michigan Central, Josh Sirefman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com