Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Peugeot Mengundurkan Diri dari Indonesia | Provinsi yang Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Mei 2024 | Prestige Enggan Jualan Mobil Listrik Xiaomi SU7

Kompas.com - 03/05/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pecinta otomotif yang terkejut mendengar kabar mundurnya Peugeot dari Indonesia. Selain itu, banyak juga yang ingin tahu tentang provinsi mana yang menggelar pemutihan pajak kendaraan mulai Mei 2024.

Tidak ketinggalan, berita tentang mobil listrik Xiaomi SU7 juga banyak membuat orang penasaran. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Kamis (2/5/2024):

1. Resmi, Peugeot Mengundurkan Diri dari Indonesia

Peugeot 5008PT Astra International Tbk - Peugeot Peugeot 5008

Salah satu anak usaha PT Astra International Tbk yang bertugas sebagai importir tunggal mobil Peugeot di Tanah Air, Astra Peugeot, resmi menghentikan aktivitas penjualan pada Kamis (2/4/2024).

Keputusan tersebut sangat mengejutkan para pecinta otomotif nasional. Mengingat, Peugeot sudah menemani masyarakat Indonesia selama 52 tahun atau sejak 1972, yang kala itu berada di bawah Multi France Motor.

Baca juga: Resmi, Peugeot Mengundurkan Diri dari Indonesia

2. Ingat, Posisi Tuas Transmisi Matik yang Benar Saat Macet

Kemacetan terjadi di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2024).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kemacetan terjadi di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2024).

Mengendarai mobil transmisi matik memang lebih mudah, pasalnya pengemudi tidak perlu memindah-mindahkan tuas matik dan menginjak pedal kopling.

Namun, saat kondisi macet pengemudi perlu memperhatikan posisi tuas transmisi yang benar. Meski hal ini sepele tapi ini bisa memberikan dampak pada ketahan komponen transmisi.

Baca juga: Ingat, Posisi Tuas Transmisi Matik yang Benar Saat Macet

3. Catat, Ini Provinsi yang Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Mei 2024

Pemutihan pajak kendaraan bermotor di Aceh. Daftar provinsi yang gelar pemutihan pajak kendaraan bermotor pada Mei 2024.dok.Instagram @bpkaaceh Pemutihan pajak kendaraan bermotor di Aceh. Daftar provinsi yang gelar pemutihan pajak kendaraan bermotor pada Mei 2024.

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) masih berlangsung di sejumlah provinsi sepanjang Mei 2024. Pemutihan pajak kendaraan bermotor merupakan program pemerintah daerah untuk memberikan pembebasan denda kepada pemilik kendaraan yang telah bayar pajak.

Sehingga warga hanya perlu melunasi pajak pokok PKB tanpa perlu tambahan denda keterlambatan. Namun, setiap daerah menetapkan aturan dan syarat berbeda bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan pemutihan pajak.

Baca juga: Catat, Ini Provinsi yang Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Mei 2024

4. Bocoran Bus Baru PO Sugeng Rahayu, Tanpa Gambar Lumba-lumba

Bus baru PO Sugeng RahayuInstagram @bus_jawatimuran Bus baru PO Sugeng Rahayu

Perusahaan otobus (PO) Sugeng Rahayu membawa kabar akan merilis bus baru dengan desain yang berbeda. Berdasarkan informasi dari unggahan foto dari @bus_jawatimuran, calon bus baru PO Sugeng Rahayu baru tahap pemasangan bodi di karoseri.

Berdasarkan foto tersebut, visual bus tampil beda lantaran tidak ada ikon lumba-lumba di bodi samping yang sudah menjadi ciri khas sejak lama. Bus Sugeng Rahayu dengan lumba-lumba adalah layanan kelas ekonomi. Sementara bus Sugeng Rahayu dengan kelir merah merupakan kelas non-ekonomi.

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Sugeng Rahayu, Tanpa Gambar Lumba-lumba

5. Prestige Enggan Jualan Mobil Listrik Xiaomi SU7 ke RI

Mobil listrik Xiaomi SU7 Max yang dipamerkan di booth Xiaomi di arena Mobile World Congress 2024 di Barcelona, SpanyolKOMPAS.com/ OIK YUSUF Mobil listrik Xiaomi SU7 Max yang dipamerkan di booth Xiaomi di arena Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol

Importir umum mobil mewah Prestige Image Motorcars memastikan tidak akan membawa kendaraan listrik fenomenal dari Xiaomi, SU7 ke pasar dalam negeri.

Alasannya, dijelaskan oleh Presiden Direktur perseroan Rudy Salim sudah ada pihak yang hendak mengimpor mobil tersebut. Lagipula, Prestige Image Motorcars belum memiliki lisensi atau perjanjian dengan produsen asal China terkait.

Baca juga: Prestige Enggan Jualan Mobil Listrik Xiaomi SU7 ke RI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com