Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] BYD Sudah Dapat Lokasi Pabrik di Indonesia | Jumpa Mobil dengan Strobo dan Lampu Rem Putih | Jangan Mengisi Air Wiper Pakai Sabun atau Sampo

Kompas.com - 01/05/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca yang penasaran dengan lokasi pabrik BYD di Indonesia. Selain itu, tak sedikit pula warganet yang geram jika berjumpa dengan mobil yang menggunakan strobo dan lampu rem putih.

Tak ketinggalan, banyak yang belum paham mengapa air wiper jangan diisi dengan sabun atau sampo. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Selasa (30/4/2024):

1. BYD Sudah Dapat Lokasi Pabrik di Indonesia, Luas 109 Hektar

Platform mobil listrik BYD dipamerkan di IIMS 2024Kompas.com/Donny Platform mobil listrik BYD dipamerkan di IIMS 2024

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Rachmat Kaimuddin, mengungkapkan BYD sudah mendapatkan lokasi buat pabrik di Indonesia.

Kendati belum dipastikan besar tanahnya, dikatakan bila perusahaan mobil listrik asal China ini akan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama alias Memorandum of Understanding (MoU) dalam waktu dekat.

Baca juga: BYD Sudah Dapat Lokasi Pabrik di Indonesia, Luas 109 Hektar

2. Ada Mobil dengan Lampu Belakang Menyilaukan, Ini yang Mesti Dilakukan

Lampu belakang menyilaukan pengendara lain- Lampu belakang menyilaukan pengendara lain

Banyak pengemudi yang memodifikasi kendaraannya agar tampil beda. Sayangnya, beberapa dari mereka tak paham batasan atau konsekuensi dari modifikasi yang dilakukan. Salah satu modifikasi yang masih banyak dilakukan adalah mengganti atau menambah lampu belakang dengan lampu yang menyilaukan.

Belakangan modifikasi ini mulai meresahkan, karena bisa membahayakan pengendara lain, khususnya bagi yang berada tepat di belakang kendaraan tersebut.

Baca juga: Ada Mobil dengan Lampu Belakang Menyilaukan, Ini yang Mesti Dilakukan

3. Jumpa Mobil dengan Strobo dan Lampu Rem Putih, Bisa Lapor ke Polisi

Polisi tindak mobil mewah yang menggunakan stroboinstagram.com/tmcpoldametro Polisi tindak mobil mewah yang menggunakan strobo

Salah satu pengguna jalan yang meresahkan ialah yang menggunakan strobo dan juga lampu sorot warna putih ke arah belakang. Pemakai strobo biasanya arogan, sedangkan lampu putih bikin silau.

Faktanya di lapangan, kedua pengguna lampu tersebut minim tindakan dari petugas polisi di lapangan. Sehingga, makin lama banyak yang pakai dan seolah jadi pemandangan biasa.

Baca juga: Jumpa Mobil dengan Strobo dan Lampu Rem Putih, Bisa Lapor ke Polisi

4. Pabrik BYD Berada di Subang, Beroperasi 2026

Test drive BYD SealKOMPAS.com/Adityo Test drive BYD Seal

Produsen mobil listrik asal China, Build Your Dream (BYD), berencana untuk membuka pabrik di Indonesia di kawasan Subang, Jawa Barat.

Untuk merealisasikan hal tersebut, PT BYD Motor Indonesia menandatangani kesepakatan kerja sama dengan PT Suryacipta Swadaya, developer dari Kawasan Industri Subang Smartpolitan.

Baca juga: Pabrik BYD Berada di Subang, Beroperasi 2026

5. Ingat, Jangan Mengisi Air Wiper Pakai Sabun atau Sampo

Ilustrasi cairan wiperyoutube.com Ilustrasi cairan wiper

Air wiper memiliki peran penting untuk membersihkan kaca mobil, terutama saat kondisi kotor hingga mengurangi visibilitas pengemudi. Maka dari itu, cairan yang digunakan harus bagus dan jangan asal diganti, apalagi dicampur dengan sabun atau sampo.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service, mengatakan, pemilik mobil tidak boleh menggunakan sabun atau sampo untuk tambahan air wiper.

Baca juga: Ingat, Jangan Mengisi Air Wiper Pakai Sabun atau Sampo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com